tanam porang di polybag sampai panen

Tanam Porang Di Polybag Sampai Panen Umbi Porang

Tanam Porang Di Polybag Sampai Panen Umbi Porang – Nama latin porang adalah Amorphophallus. Porang masuk ke dalam nilai ekonomis tinggi Karena tanaman porang memiliki manfaat yang berguna. Badan Karantina Pertanian (Barantan). Mengatakan bahwa, analisa usaha porang pada saat semester pertama tahun 2021 , indonesia mencapai nilai eksplor hinnga 14,8 ribu ton dimana nilai angka tersebut melebihi jumlah ekspor pada tahun 2019 dengan ekspor porang mencapai hingga 5,7 ribu ton, kenaikan ini membuktikan bawah aktivitas ekspor porang naik hingga 160 persen.

Dengan memahami bagaimana cara menanam porang yang tepat kalian dapat mencoba budidaya tanaman porang dengan hasil panen terbaik sehingga usaha tanaman porang yang anda jalankan semakin meningkat.

Menanam Bibit Dalam polybag dan Keuntunganya Menanam pada polybag

Untuk anda yang ingin mencoba untuk berbudidaya tanaman porang dan mendapatkan hasil dari budidaya tersebut, namun terkendala dengan lahan, atau tidak memiliki cukup lahan yang luas. Kalian tidak perlu panik karena porang dapat bercocok tanam secara permaenen menggunakan media polyag.

Menanam porang dengan media polybag akan lebih mudah ketimbang menggunakan lahan hijau, karena kalian dapat melakukannya hanya disekitar rumah (pekarangan). Selain itu untuk cara perawatan dan pemeliharaan akan lebih mudah.

Biasanya menanam porang di polybag hanya untuk pembibitan karena bibit porang yang diapakai untuk menanam biasanya bibit kecil. Jika ditanam di lahan terbuka maka akan menurun hasilnya. Tetapi jika kalian menjadikan polybag sebagai media tanam secara permanen itu juga dapat anda nikmati suatu saat hasilnya. Lantas bagaimana caranya?

Langkah-langkah Cara Tanam Bibit Porang di Polybag Dan Perawatannya Sampai Panen

  • Langkah pertaman adalah menyiapkan bibit porang terlebih dahulu, bisa kata ataupun umbi. Setelah itu siapkan tanah didalam polybag, media tanam dari bahan lain seperti karung, plastik besar, bekas kulit semen dan sebagainya.
  • Pupuk tanaman porang dengan pupuk kompos atau bisa juga menggunakan pupuk kandang dan beri air secukupnya pada porang.
  • Setelah semua bahan sudah disiapkan, cara menam tanaman porang pada polybag tergolong cukup mudah, tidak seperti pada lahan terbuka yang harus membuka jarak tanam pada lahan terbuka tersebut.
  • Caranya dengan mencampurkan tanah yang sudah disediakan dengan pupuk/kompos dengan perbandingan 70:30. Kemudian aduk dan lalu masukan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk kedalam polybag.
  • Tahap selanjutnya adalah tahap akhir, buat lubang pada polybag untuk bibit porang. Jangan terlalu dalam, sekiranya bibit porang sudah tertimbun dengan sempurna menggunakan tanah.
  • Setelah itu masukan bibit porang kedalam polybag dan siram dengan udara yang memadai untuk menjaga kelembaban pada tanah.
  • Untuk penyiraman yang cukup satu kali sehari pada saat pagi hari ataupun hari-hari biasa saja. Apabila metode yang kalian gunakan telah sempurna, bibit porang akan tumbuh dalam waktu 2-3 minggu.
  • Namun jika benih yang dibenamkan, katak sebaiknya ikan tuna menghadap ke bawah atau tengkurep agar nantinya tuna pada katak dapat tumbuh dengan sempurna.
  • Cara merawat porang yang ditanam pada polybag dapat dibilang juga termasuk kedalam golongan mudah, lakukan penyiraman setiap hari, karena jika terlalu lembab porang akan busuk dan lambat dalam pertumbuhannya.
  • Untuk memenuni nutrisinya lebih baik memberikannya berupa pupuk organik maupun pupuk kimia. Berikan secukupnya, jangan berlebihan.
  • Jangan lupa, jika porang sudah tumbuh dewasa maka mengenai jarak tanam agar porang mendapatkan cahaya matahari kesela-sela hingga batang. Porang sehingga porang tidak berjamur dan bisa tumbuh baik dengan bantuan sinar matahari.

About Lome

Check Also

Kegunaan Pelet Ikan Bagi Ikan yang Harus Anda Tahu

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Kegunaan Pelet Ikan Bagi Ikan yang Harus …