Syarat-syarat Masuk Kuliah

Buat kamu yang tertarik masuk Kampus Profetik atau menempuh pendidikan tinggi, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Berikut diantaranya:

1. Lulus & Memiliki Ijazah Sesuai Jenjang Pendidikan Sebelumnya

Pinters yang ingin kuliah harus menempuh pendidikan berjenjang, sudah dinyatakan lulus, dan memiliki ijazah. 

Tidak perlu khawatir buat kamu yang sempat putus sekolah. Masih ada cara kok. Kamu bisa menempuh pendidikan penyetaraan atau biasa disebut kejar paket. Kejar Paket A setara SD, kejar paket B setara SMP, dan kejar paket C setara SMA. 

Untuk masuk kuliah di program S1, kamu harus sudah lulus jenjang pendidikan setara SMA. Buat kamu yang mau masuk program S2, tentu saja harus terlebih dahulu lulus S1. Begitupun untuk masuk program S3, harus sudah lulus S2.

2. Lolos Seleksi Masuk

Mendaftar kuliah tidak semudah itu lho Pinters, terutama untuk perguruan tinggi negeri atau sekolah kedinasan.

Jalur masuk kuliah di PTN terbagi jadi 3 jenis yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

SNMPTN dan SBMPTN adalah jalur seleksi yang terpusat diselenggarakan oleh pemerintah melalui LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). SNMPTN biasanya dilakukan antara bulan Januari-Februari sedangkan SBMPTN biasanya diselenggarakan bulan Mei-Juni.

SNMPTN sering disebut jalur undangan, soalnya kamu tidak perlu ikut ujian. Bahan seleksinya adalah nilai rapor, nilai UN, prestasi akademis dan non akademis, tingkat akreditasi sekolah, dan juga jejak alumni.

Masuk kuliah jalur SBMPTN, seleksinya sedikit berbeda dengan SNMPTN. Seleksi jalur ini mempertimbangkan hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). 

Terakhir ada Seleksi Mandiri. Jalur seleksi ini dilaksanakan pihak PTN secara independen, di luar pemerintah. Kuotanya biasanya lebih sedikit dan tesnya tergantung kebijakan masing-masing PTN.

Selain seleksi PTN, ada juga seleksi masuk Sekolah Kedinasan. Tahapan tesnya lebih kompleks, dan tuntutan seleksinya lebih berat.

Seleksi masuk di PTS biasanya relatif lebih mudah dibanding PTN, apalagi Sekolah Kedinasan. Biasanya ada tes tertulis dan tes wawancara. Kamu yang pengen kuliah tapi tidak mau ribet sama seleksinya, mending masuk PTS.

Di manapun kamu berkuliah, keberhasilannya tergantung dirimu sendiri.

3. Memenuhi Batas Usia

Usia adalah salah satu hal yang dipersyaratkan. Hal ini berlaku di PTN. 

Untuk masuk PTN melalui jalur SBMPTN misalnya, jeda maksimal yang diperbolehkan adalah 3 tahun setelah lulus, dengan kata lain, usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun saat ikut seleksi.

Seleksi Mandiri biasanya memperbolehkan jeda waktu yang lebih panjang. Beberapa PTN memperbolehkan jeda 5 tahun sejak kelulusan.

Di PTS, umumnya tidak ada batasan usia. Terlebih lagi untuk PTS yang membuka kelas karyawan, persyaratan usia biasanya jauh lebih fleksibel lagi.

4. Memenuhi Kelengkapan Berkas & Membayar Biaya Masuk

Pinters juga harus memenuhi kelengkapan berkas untuk daftar kuliah. Berkas yang diperlukan tidak ribet kok, diantaranya seperti: ijazah terakhir, legalisir ijazah, Surat Keterangan Lulus, KTP, KK, Akta Kelahiran, Pas Foto, dll.

Kamu juga harus membayar biaya masuk. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk masuk kuliah diantaranya biaya pendaftaran, UKT semester 1 (untuk negeri), biaya SKS semester 1 (untuk swasta), Uang Pangkal/Dana Pengembangan/Sumbangan Pendidikan/Uang Gedung.

5. Persyaratan Khusus

Perguruan tinggi biasanya memberlakukan persyaratan khusus untuk masuk jurusan-jurusan tertentu. Syarat masuk kuliah kedokteran dengan syarat masuk kuliah jurusan hukum tentu saja berbeda. Nah, berikut ini adalah beberapa persyaratan khusus yang biasanya diberlakukan:

  • Tidak boleh buta warna, untuk jurusan kedokteran, keperawatan, teknik, seni rupa, DKV, film dan televisi, dll.
  • Melampirkan portofolio untuk jurusan olahraga, seni, dll.
  • Harus fasih berbahasa Inggris untuk program Internasional.
  • Lancar membaca Al-Quran untuk jurusan Agama Islam.
  • Dll.

About Lome

Check Also

Memanfaatkan Media Sosial untuk Branding Bisnis Saat Pandemi

Selama enam bulan terakhir, pandemi virus corona sudah merubah pola kehidupan masyarakat di bermacam bidang, …