Skill Digital Marketing

Skill Digital Marketing yang Penting Untuk Karirmu

Saat ini, dunia sedang bergerak menuju digital. Hal yang paling terlihat adalah berbagai perusahaan semakin melakukan kegiatan pemasaran melalui dunia digital yang kita kenal dengan digital marketing. Pelaku pemasaran digital juga harus mengetahui sejumlah keterampilan dasar agar berhasil dalam memasarkan produk dan jasanya. Nah, jika Kamu baru saja lulus kuliah alias fresh graduate dan ingin berkarir di dunia digital marketing(bergabung dengan komunitas gig economy), tentunya Kamu juga harus mengetahui kemampuan dasar tersebut. Kali ini, kami telah merangkum Skill Digital Marketing yang harus Kamu miliki untuk bekerja di dunia pemasaran digital.

Skill Digital Marketing yang Penting Untuk Karir

1. Pahami Prinsip SEO

Salah satu skill digital marketing yang cukup krusial adalah mengetahui prinsip dasar Search Engine Optimization atau SEO. Sesuai dengan namanya, SEO digunakan untuk mengoptimalkan posisi website kita di mesin pencari.

Sebagai permulaan, Kamu harus tahu bagaimana kata kunci atau kata kerja berfungsi dalam meningkatkan lalu lintas di situs web. Oleh karena itu, Kamu harus mencari kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Ada banyak website yang bisa Kamu gunakan untuk melakukan riset kata kunci, seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, KWFinder by Mangools dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika Kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman teoretis dalam SEO, Kamu dapat memulai karir di bidang pemasaran digital sebagai Spesialis SEO!

2. Kemampuan Menulis

Hal lain yang tak kalah penting dalam memulai karir di dunia digital marketing adalah kemampuan menulis dan bercerita, atau bahasa kerennya: copywriting dan storytelling.

Semakin berkualitas konten dan semakin menarik cara penyampaiannya, tentunya akan menarik banyak pembaca yang mencari tema tersebut. Kemampuan menulis ini tidak muncul begitu saja.

Oleh karena itu, Kamu harus memulainya sedini mungkin. Selain membiasakan membaca, beberapa caranya adalah dengan membuat blog pribadi dan menulis cerita atau ide yang Kamu miliki. Mengirimkan artikel ke media juga dapat membantu Kamu mengasah keterampilan penting ini. Jika Kamu merasa unggul di bidang ini, Kamu bisa memulai karir Kamu sebagai Content Writer! 

3. Analisis Data dengan Google Analytics

Keahlian yang tidak bisa dipisahkan dari dunia digital marketing adalah kemampuan menganalisa data atau data analytics. Kemampuan ini penting untuk Kamu miliki, mengingat data yang tersedia saat Kamu bekerja sebagai digital marketer akan sangat melimpah. Alat yang umum digunakan dalam pemasaran digital adalah Google Analytics.

Google Analytics menyediakan berbagai informasi terkait aktivitas sebuah website. Dengan Google Analytics, Kamu dapat mengetahui data terkait durasi sesi, halaman per sesi hingga rasio pentalan dan lain-lain. Dari data yang diberikan, Kamu juga bisa mengetahui perilaku atau kebiasaan pengunjung website sehingga Kamu bisa mengatur strategi untuk meningkatkan konversi di website Kamu. Jika Kamu merasa cocok untuk menganalisis data, Kamu dapat bekerja sebagai Analis Data!

4. Menguasai Media Sosial

Dalam digital marketing, website bukan satu-satunya media yang bisa Kamu gunakan untuk melakukan aktivitas pemasaran. Kegiatan promosi melalui media sosial (medsos) juga wajib dilakukan oleh para pelaku digital marketing. Media sosial digunakan mulai dari membangun awareness terhadap produk yang kita pasarkan, hingga menarik calon pembeli ke halaman transaksi produk kita.

Kamu dapat menggunakan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter untuk menawarkan produk Kamu kepada pengguna. Apalagi platform tersebut telah memberikan fasilitas berupa akun bisnis dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki akun biasa. Kamu juga dapat mengatur target audiens untuk mencocokkan profil pengguna media sosial dengan produk yang Kamu tawarkan. Jika Kamu menguasai teknik pemasaran melalui media sosial, Kamu dapat berkarir di Pemasaran Media Sosial sebagai Spesialis Media Sosial!

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …