Resep Keripik Singkong Balado Pedas Manis Mudah dan Murah!

Bisnis keripik singkong semakin hari semakin banyak peminat dan semakin menjanjikan. Hal ini tentung membuat banyak orang berlonmba-lomba dalam memanfaatkan hal ini. Keripik singkong bisa dijadikan ide jualan. Untuk mencari resep keripik singkong balado pedas manis yang cocok untuk jualan tidak sulit. Apa saja yang perlu kita perhatikan? Apa usaha ini menguntungkan?

Kendala dan Kelebihan dalam Usaha Keripik Singkong yang Harus Diperhatikan

resep keripik singkong balado pedas manis
olahan dari singkong berupa keripik singkong

Kendala Usaha Keripik Singkong

Jika suatu ide usaha terdapat kelebihan pasti ada kendala yang harus kita taklukkan. Dalam usaha keripik singkongpun juga seperti ini. Ketika memulai usaha jangan hanya melihat kelebihan usaha tersebut. Pertimbangkan juga kendala usaha yang akan kamu jalani.

Dengan mempertimbangkan keduanya, kamu akan lebih paham tentang bagaimana kamu harus bertindak selanjutnya, apa yang harus kamu tonjolkan, dan apa yang disukai pasar. Dengan begitu bisnis yang kamu lakukan lebih terorganisir.

Berikut ini adalah kendala usaha keripik singkong yang harus kamu perhatikan, antara lain :

1. Kualitas Singkong yang Bagus untuk Keripik

Sebelum terjun ke dalam usaha ini, pastikan kamu sudah mengetahui ciri-ciri singkong yang cocok dan berkualitas untuk dijadikan keripik.

Bukan hanya itu, kamu juga harus pandai dalam memilih supplier singkong yang berkualitas. Namun harga singkongnya masih tetap bersahabat supaya kamu tetap mendapat keuntungan lebih.

2. Daya Saing Bisnis Ketat

Persaingan yang semakin ketat jangan kamu kendala yang besar jika kamu mau terus berinovasi dan tetap mempertahankan kualitas keripik singkong jualan mu.

Kamu harus terus memikirkan ide-ide yang bagus dan mau berinovasi. Misalnya kamu bisa secara berkala mengeluarkan varian rasa baru produk keripik singkong atau kemasan yang unik.

Kelebihan Usaha Keripik Singkong

Ada banyak keripik singkong di pasaran membuktikan bahwa usaha keripik singkong mempunyai kelebihan yang menguntungkan. Sampai saat ini semakin banyak merek keripik singkong yang beredar di pasaran.

Hal ini menjadi bukti bahwa banyak orang mencoba menjadikan keripik singkong sebagai ide jualan mereka. Kenapa harus bisnis ini? Apa aja sih keuntungannya? Di bawah ini beberapa kelebihan usaha keripik singkong, antara lain :

  1. Prospek usaha keripik singkong yang masih terbuka lebar
  2. Cara pemasaran produk yang mudah
  3. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal yang kecil ataupun besar
  4. Cocok untuk pelaku usaha yang masih pemula
  5. Pengolahan bahan baku tidak sulit
  6. Usaha ini bisa dijalankan dengan alat-alat dapur seadanya (peralatan dapur rumahan)
  7. Bahan baku singkongnya yang mudah didapat dengan kualitas yang bagus
  8. Varian rasa yang bisa dihasilkan cukup beragam

Resep Keripik Singkong Pedas Manis untuk Jualan

Karena usaha keripik singkong cukup menjanjikan kamu harus mempelajari cara membuat keripik singkong renyah tidak keras. Jangan sampai nantinya keripik singkong yang kamu hasilkan terlalu keras. Tekstur yang renyah bisa didapatkan dari singkong yang dipotong tipis. Supaya potongan singkongmu lebih tipis, kamu bisa menggunakan alat atau mesin pemotong singkong.

Selain itu kamu bisa membuat keripik singkong dengan berbagai varian rasa. Kembangkan rasa keripik singkong sesuai seleramu dan pastikan rasanya cocok dengan permintaan pasar. Kamu bisa melihat resep keripik singkong balado pedas manis untuk jualan berikut ini :

Keripik Singkong Balado Pedas Manis

Bahan-bahan :

  • 1 1/2 kg singkong
  • 1 sdt soda powder
  • 2/3 sdt garam
  • Air hangat
  • 1/2 bulat gula merah (iris)
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 ruas asam Jawa (peras dengan air panas, ambil airnya)
  • 10 buah cabe merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 15 buah cabai rawit

Cara Membuat :

  1. Pertama, cuci terlebih dahulu singkong yang akan digunakan dan kerik pinggiran singkong supaya tidak mudah gosong pada saat penggorengan lalu iris tipis. Kemudian cuci lagi potongan singkong hingga airnya bening
  2. Kedua, masukkan potongan singkong kedalam wadah atau bisa ember bersih. Lalu tuang air hangat secukupnya, kurang lebih sampai singkong nya terendam semua. Taburkan soda kue dan 2 sendok teh garam, aduk sampai rata, dan diamkan selama 30 menit atau hingga airnya menjadi dingin.
  3. Ketiga, singkong yang sudah selesai direndam ditiriskan dan dicuci sampai bersih, lalu tiriskan kembali.
  4. Keempat, panaskan minyak dengan api besar. Jika minyak sudah panas goreng singkongnya secara bertahap dengan minyak yang banyak. Jika singkong sudah bewarna kuning kecoklatan tiriskan.
  5. Kelima, blender atau haluskan cabe besar,rawit,bawang putih,bubuk cabe hingga halus.
  6. Keenam, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Lalu tambahkan garam,gula pasir,gula merah (yg sudah di iris-iris), dan aduk-aduk sampai sambalnya menjadi kental.
  7. Terakhir, jika sudah kental kecilkan api dan masukkan singkong goreng tadi, aduk-aduk hingga tercampur merata.
  8. Sajikan

About Lome

Check Also

Memanfaatkan Media Sosial untuk Branding Bisnis Saat Pandemi

Selama enam bulan terakhir, pandemi virus corona sudah merubah pola kehidupan masyarakat di bermacam bidang, …