Apa Saja Peralatan Untuk Jualan Jus Buah? Baca Artikel Ini!

Kamu mencari tahu apa saja peralatan untuk jualan jus buah? Mari kita bahas bersama. Jus buah memang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh semua orang. Pasalnya, kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah-buahan sangat baik untuk tubuh kita.

Dengan beragam kandungan manfaat yang ada di dalam segelas jus buah, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsinya secara rutin. Ada yang memilih mengonsumsi buah secara langsung, ada juga yang diolah menjadi jus.

Biasanya orang membuat jus buah sendiri di rumah, namun banyak juga yang memilih untuk membeli di kedai jus buah. Maka dari itu, mengingat banyaknya minat dan target pasar yang cukup luas, tentunya membuka usaha jus buah mempunyai peluang yang cukup signifikan untuk dijalani.

Selain itu modal yang dibutuhkan relatif kecil. Modal usaha jus buah bisa dikatakan kecil karena sebagian besar peralatannya sudah ada di rumah. Sehingga hanya perlu menambahkan peralatan yang belum ada di rumah. Bahan utamanya adalah buah juga memiliki harga yang wajar.

Macam Peralatan Untuk Jualan Jus Buah

Ketika kamu akan memulai sebuah usaha, tentu saja kamu harus menyiapkan perlengkapan seperti peralatan dan bahan yang sesuai dengan usaha yang mau kamu mulai. Begitu juga dengan usaha jus buah yang memerlukan berbagai macam peralatan.

Untuk membedakan kedai jus lainnya, kamu bisa saja menyediakan buah-buahan yang segar dan membuat kemasan yang unik agar menarik perhatian pelanggan. Dengan begitu nilai kedai kamu akan lebih dibandingkan dengan kedai jus yang lainnya.

Berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha jus buah :

1. Blender, Peralatan Utama Untuk Jualan Jus Buah

Blender adalah alat paling utama yang harus kamu punya. Hal ini karena blender berfungsi untuk menghaluskan buah yang telah dipotong dan diberi bahan tambahan lainnya seperti gula atau susu sehingga bisa menjadi jus.

Untuk membeli perlengkapan yang satu ini tidak perlu harga yang mahal. Kamu bisa membeli dengan harga sekitar 200 ribuan saja atau sesuai dengan modal yang kamu punya. Jika memiliki modal lebih kamu bisa membeli dengan harga yang lebih.

Semakin tinggi harga akan semakin tinggi juga kualitasnya sehingga semakin awet. Namun itu juga tergantung pemakaian. Atau bisa juga kamu memanfaatkan blender yang sudah kamu punya di rumah. Dalam usaha jus buah biasanya jumlah blender yang dipunyai lebih dari satu.

Tujuannya agar dapat mempersingkat waktu jika kedai sedang ramai, sehingga konsumen tidak akan menunggu terlalu lama. Selain itu buah yang tercampur juga menghasilkan rasa yang aneh sehingga berisiko membuat pelanggan kamu kapok. Maka dari itu blender harus dijaga kebersihannya. Setelah memakai blender untuk membuat jus, segera cuci agar rasa yang tersisa di blender cepat hilang.

2. Etalase Jualan Jus Buah

Sebagai penjual jus buah, kamu harus punya etalase untuk meletakkan peralatan usaha jus buah kamu. Selain itu juga untuk memaparkan berbagai macam buah yang ada di kedai jus buah kamu. Tata buah-buahan serapi mungkin di etalase.

Jangan biarkan etalase kamu kotor sebab bisa membuat pembeli enggan membeli jus buah di kedai kamu. Usahakan menggunakan etalase yang tertutup agar serangga tidak akan bisa masuk. Kamu bisa memilih etalase sesuai dengan luas kedai jus buah kamu.

Beberapa usaha jus buah di kota besar mempunyai etalase yang bentuknya relatif memanjang. Namun, apabila kamu hanya ingin membuka usaha jus buah yang kecil, kamu bisa membeli etalase yang kecil saja sehingga harganya lebih murah dan menghemat pengeluaran.

3. Cup, Gelas, dan Sedotan

Sediakan cup untuk konsumen yang ingin layanan take away atau membawa pulang jus buah dari kedai kamu. Sebaiknya selain kamu menyediakan cup, kamu juga menyediakan gelas untuk konsumen yang ingin layanan dine in atau minum di kedai kamu.

Kamu bisa menyediakan gelas dengan ukuran yang sama dengan cup. Biasanya cup dan gelas dilengkapi dengan sedotan untuk mempermudah pelanggan dalam mengonsumsi jus buah yang ada di dalam cup dan gelas tersebut. Selain mempermudah, hal ini juga agar jus buah tidak berantakan.

Dengan memberikan sedotan, akan membuat pelanggan kamu mengonsumsi jus buah yang diperoleh dari kedai kamu dengan mudah. Untuk memperoleh ketiganya, kamu bisa ke toko plastik atau market place dengan harga yang murah.

4. Cup Sealer

Mesin cup sealer atau yang biasa disebut dengan mesin pengemas plastik merupakan salah satu mesin yang sangat disarankan untuk kamu miliki. Guna mesin ini yaitu untuk menutup cup menggunakan plastik lid sealer cup secara rapat sehingga jus tidak akan tumpah.

Harga mesin ini sekitar 700 ribu rupiah. Kamu bisa memperoleh alat ini di e-commerce atau datang langsung ke toko mesin. Jika modal yang kamu miliki sedikit, kamu bisa membeli yang bekas saja. Namun, kamu juga harus pintar dalam memilih. Pilihlah mesin yang kondisinya masih bagus.

Kekurangan dari mesin cup sealer ini yaitu menggunakan aliran listrik. Ketika listrik padam, maka mau tidak mau kamu harus menutup cup menggunakan penutup cup manual.

5. Lemari Pendingin

Usaha jus buah sangat membutuhkan lemari pendingin untuk meletakkan es batu dan stok buah – buahan agar tetap segar. Es batu membuat jus menjadi semakin segar ketika dikonsumsi. Lemari pendingin membuat usaha jus buah kamu menjadi lebih mudah dan praktis.

Kamu tidak perlu membeli es batu di tempat lain karena bisa memproduksi sendiri menggunakan lemari pendingin. Jika kamu membuat jus dengan kemasan botol, kamu bisa meletakkannya di lemari pendingin.

Itulah pembahasan singkat mengenai beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk jualan jus buah. Beberapa peralatan di atas hanya sebagian kecil yang paling umum dimiliki oleh penjual jus buah untuk berjualan jus buah. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan peralatan kamu agar tetap bersih sampai ke tangan pelanggan.

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …