Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Pembuatan Pot Sabut Kelapa yang Mudah di Lakukan

Mungkin masih ada yang belum tahu atau mengerti pembuatan pot sabut kelapa bukan?.Nah,maka dari itu perhatikan pembuatan pot sabut kelapa berikut.Sebelum ke penjelasannya simak baik-baik pengertian sabut kelapa berikut ini Yaa.

Pengertian Sabut Kelapa

Sabut kelapa merupakan bagian dari mesocarp (selimut) yang berupa serabut kelapa kasar. Kelapa biasa disebut limbah yang hanya ditumpuk di bawah tegakan kelapa dan kemudian dibiarkan membusuk atau kering. Sebagian besar digunakan untuk kayu bakar. Secara tradisional, masyarakat mengolah kelapa menjadi tali dan menganyamnya menjadi kesed.

Padahal kelapa masih memiliki nilai ekonomi yang baik. Saat terurai, kelapa akan menghasilkan sabut kelapa (coconut fiber) dan kelapa bubuk (coconut fiber). Namun, produk inti dari kelapa adalah sabut kelapa. Produk sabut kelapa akan menghasilkan berbagai macam produk turunan yang manfaatnya sangat luar biasa. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, kelapa diolah menjadi pupuk tanaman.

Langsung saja kita ke pembahasannya yaitu : Pembuatan Pot Sabut Kelapa,Nah bagi kalian yang baru memulai bisnis cocomesh jaring sabut kelapa. wajib untuk membaca artikel ini.

Pembuatan Pot Gantung Sabut Kelapa

Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Alat – alat :

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan – bahan :

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk

Cara Membuat Pot Sabut Kelapa :

  1. Ambil sabut kelapa dari kulit kelapa yang sudah mengering, kemudian gunakan linggis untuk melepas kulit kelapa agar kupasan sabut tersebut masih tetap terjalin. kalau di pedesaan kulit kelapa biasanya sudah dikuliti sedemikian rupa.jadi kupasan sabut kelapa masih terjalin. Lembarkan sabut kelapa dan potong bagian atas dengan memakai pisau besar. Kamu bisa menggunakan mesin pengolahan sabut kelapa agar lebih mudah.
  2. Tandai bagian bawah dan atas pada setiap belahan dengan menggunakan tipe ex, bagian ini akan dibor untuk mengikat belahan sabut kelapa sekaligus untuk tali ikatan pot.
  3. Borlah secara hati -hati pada bagian yang sudah diberi tanda.
  4. Talikan ijuk pada setiap lubang sabut kelapa sehingga setiap belahan sabut dapat menyatu.
  5. Setelah ikatan dalam terbentuk kemudian silanglah ikatan pada bagian luar, lakukan hal serupa pada seluruh belahan sabut kelapa.Maka jadilah satu ikatan kuat dan membentuk kulit kelapa yang terpancung pada bagian atas
  6.  Pot sabut kelapa siap digunakan untuk menanam tanaman anggrek atau pakis.

Pembuatan Pot Sabut Kelapa-Bunga Anggrek

Alat

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar (golok)
  • Bor
  • Linggis
  • Spidol 

Bahan

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk atau sejenisnya

Cara Pembuatan

  1. Ambilah sabut kelapa dari kulit kelapa yang sudah kering. Gunakan linggis untuk menguliti kelapa agar sabut yang dikupas tidak rusak atau tetap terjalin.
  2. Lebarkan sabut kelapa atau belah sabut kelapa menjadi 4 bagian dan potong seperempat bagian atas sabut kelapa dengan menggunakan pisau besar.
  3. Tandai bagian bawah dan bagian atas menggunakan spidol pada setiap belahan sabut kelapa. Bagaian ini akan dilubangi dengan cara dibor. Lubang bagian atas dan bawah berfungsi untuk mengaitkan belahan sabut kelapa dan sekaligus untuk tali ikatan pot.
  4. Lubangi bagian yang sudah diberi tanda menggunakan bor dengan hati-hati.
  5. Masukkan tali ijuk ke dalam lubang dan kaitkan setiap lubang dari sabut kelapa supaya setiap belahan dapat menyatu.
  6. Ikatan dimulai dari luar dan menyilang ke arah dalam, sehingga ikatan antar belahan sabut kelapa terjalin dengan kuat.
  7. Setelah ikatan dalam terbentuk, selanjutnya silanglah ikatan pada bagian luar. Lakukan hal yang sama pada seluruh belahan sabut kelapa, sehingga terbentuk satu ikatan kuat dan membentuk kulit kelapa yang terpancung pada bagian atasnya.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari mesin-mesin untuk pembuatan cocomesh jaring sabut kelapa, kunjungi situs web rumah mesin

Nah,itulah tadi pembuatan pot sabut kelapa yang mudah.Semoga bermanfaat bagi anda dan orang”di sekitar.Terima kasih telah membaca artikel ini.Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya Yaa!.

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …