Preset Lightroom
Preset Lightroom

Mengenal Preset Lightroom, Cara Cepat Edit Foto Jadi Makin Keren

Masih ingat bagaimana cara kita untuk bisa mengedit foto beberapa tahun lalu? Jika kita boleh flashback ke waktu dulu, untuk bisa membuat foto jadi lebih keren, kita harus memiliki skill edit foto menggunakan aplikasi seperti Photoshop.

Namun, tentunya untuk bisa mengoperasikan Photoshop diperlukan keahlian khusus hingga bisa menghasilkan foto yang bagus. Berbeda dengan dulu, sekarang kita benar-benar dimudahkan berkat adanya aplikasi edit foto, seperti Lightroom.

Lightroom sebenarnya merupakan aplikasi yang juga dibuat oleh Adobe, yaitu perusahaan yang juga menciptakan Photoshop. Namun, perbedaannya dengan Photoshop, yaitu kamu bisa menggunakan Preset untuk mengedit lebih mudah.

Apa itu Preset Lightroom?

Preset Lightroom
Preset Lightroom

Preset Lightroom sederhananya merupakan template editing foto yang bisa langsung kamu aplikasikan dan gunakan pada foto yang ingin diedit. Jadi, dengan menggunakan Preset, maka foto akan diedit secara otomatis tanpa harus kamu lakukan secara manual.

Dari Lightroom sendiri sebenarnya telah menyediakan beberapa preset yang bisa langsung digunakan. Namun, menurut pendapat pribadi penulis, preset yang tersedia masih kurang beragam.

Akan tetapi, untuk mengatasinya kamu tidak perlu khawatir. Salah satu keunggulan dari Lightroom adalah kamu dan pengguna lainnya bisa saling bertukar Preset masing-masing.

Jadi, contohnya kamu sebelumnya sudah melakukan editing secara manual, lalu settingan tersebut kamu simpan ke dalam bentuk preset agar dapat digunakan lagi pada foto lain kedepannya. Nah, preset tersebut juga bisa kamu bagikan ke pengguna lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan download preset lightroom gratis melalui beberapa situs yang ada di Google, salah satunya pada halaman teknolagi. Disana, tersedia sekitar seratus lebih preset siap pakai dengan beragam tema dan bisa digunakan gratis.

Jadi, Apa Kelebihan Menggunakan Preset Lightroom?

Tentunya, setelah mengetahui apa itu preset lightroom, kamu sudah ada sedikit bayangan terkait apa saja kelebihan jika kamu menggunakan preset. Berikut diantaranya:

1. Cepat dan Tidak Ribet

Dengan memanfaatkan preset di lightroom, kamu bisa menghemat banyak waktu tanpa harus mengedit secara manual. Bayangkan apabila kamu harus melakukan editing secara manual.

Tentunya ada banyak hal yang harus kamu sesuaikan, seperti mengatur tingkat cahaya, tone warna, dan beragam hal lainnya. Namun, dengan menggunakan Lightroom, kamu bisa melakukannya hanya dalam satu sentuhan.

Tentunya, agar lebih banyak pilihan, tidak ada salahnya untuk kamu mengoleksi lebih banyak preset. Jadi, kamu bisa lebih mudah dalam menentukan jenis editing mana yang cocok untuk foto tersebut.

2. Mengatur Banyak Foto dalam 1 Tema

Pernah nggak sih kamu mengunjungi profil akun Instagram seseorang dan melihat tone warna dari setiap postingannya tampak senada? Nah, untuk bisa memiliki feed seperti itu, kamu juga bisa memanfaatkan preset dari Lightroom.

Jadi, cara sederhananya, kamu bisa menggunakan satu preset yang sama untuk memiliki tone warna yang senada. Namun, pastinya kamu tetap perlu melakukan sedikit penyesuaian, seperti kecerahan foto dan lainnya.

Karena tentunya setiap foto yang kamu edit memiliki detail yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa benar-benar disama ratakan hanya dengan satu preset saja. Semoga bermanfaat!

About Lome