Manfaat Sabut Kelapa Bagi Tanaman

Manfaat Sabut Kelapa Bagi Tanaman

Manfaat sabut kelapa bagi tanaman, manfaat sabut dapat memperbaiki drainase tanah pada tanaman sekaligus meningkatkan kelembapan pada tanah yang cepat kering. Karena coco, seperti halnya gambut, terurai perlahan, coco menciptakan kantong-kantong udara di dalam tanah. Ada media tanam lain, batok kelapa salah satunya.

Tempurung kelapa termasuk dalam media tanam hidroponik yang bersifat organik karena terbuat dari serbuk sabut kelapa. Karena sabut adalah bubuk, keberadaannya dapat dipertahankan dengan terlebih dahulu menggunakan sabut yang ditumbuk halus.

Keunggulan tali sabut kelapa untuk media tanam hidroponik adalah dapat menahan air dan memiliki kandungan kimia yang tinggi. Banyak manfaat sabut kelapa bagi tanaman yang dapat diperoleh dengan menggunakannya dengan tanah atau membiarkannya begitu saja. Sabut ini juga sering dipilih sebagai pengganti tanah.

Sifat sabut memiliki sifat yang sangat khas yaitu dapat dengan mudah menyerap dan menahan air, juga memiliki pori-pori yang memudahkan pertukaran udara dan masuknya sinar matahari.Kandungan enzim terkait jamur dapat mengurangi penyakit tanah, memungkinkan sabut kelapa menjaga tanah gembur dan subur.

Sabut kelapa merupakan hasil samping kelapa yang sangat potensial. Sekarang penggunaannya masih terbatas pada kerajinan dan bahan bakar dan media tanam. Sabut kelapa tebalnya kira-kira 56 cm dan terdiri dari lapisan luar dan dalam. Komposisi serat sabut kelapa meliputi selulosa, lignin, asam pirolat, gas, arang, tar, tanin dan kalium.

Satu buah kelapa menghasilkan 0,4 kg serat kelapa dengan 30% serat yang kaya akan elemen jejak.Tempurung kelapa mengandung 10,25% kalium sehingga dapat menjadi alternatif sumber kalium organik pengganti pupuk KCl. K, Na dan P umumnya digunakan untuk pupuk organik.

Substrat tumbuh kakao memiliki retensi dan retensi air yang kuat, aerasi dan drainase yang baik, beradaptasi dengan daerah panas, dan mengandung nutrisi fenolik penting dan tanin serat sabut kelapa.Media tanam merupakan salah satu faktor utama yang membuat tanaman menjadi subur.

Manfaat Sabut Kelapa Bagi Tanaman

Sabut kelapa merupakan media tanam yang dapat digunakan sebagai pengganti tanah liat gambut, lumut gambut, atau rockwool. Bila dicampur dengan perlite, coco peat cocok untuk tanaman sebagai media tanam tanaman hidroponik. Untuk menjadikannya sebagai media pot sementara, cukup tambahkan kompos.

Manfaat serat sabut kelapa juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gambut dan lumut gambut. Coco Fibre juga mencegah berkebun intensif di rumah kaca atau serangan siput pada tanaman. Kakao-kakao dapat digunakan kembali hingga tiga kali tanpa mengurangi hasil.

1. Drainase

Sabut kelapa dapat memperbaiki drainase tanah pada tanaman dan juga membantu mempertahankan kelembaban di tanah yang cepat kering Karena sabut kelapa, seperti gambut, terurai secara perlahan, mereka menjebak udara di dalam tanah, yang memungkinkan kelebihan air diangkut menjauh dari akar tanaman. Dengan mempertahankan dualitas ini, coco dapat meningkatkan pengelolaan kelembapan di lapisan tanah liat berat dan pasir kering.

2. PH Tanah

Tidak seperti gambut yang sangat asam, coco memiliki pH netral. Sebagian besar sayuran dan bunga taman tumbuh paling baik dalam kondisi netral atau sedikit basa. Ketika gambut digunakan sebagai pengganti bedeng kebun, kapur lapangan harus sering ditambahkan untuk mengatasi peningkatan pengasaman. Batu kapur tidak diperlukan. Menggunakan batok kelapa menghemat uang dan tenaga.

3. Kualitas Tanah

Tanaman yang banyak makan, seperti sayuran dan beberapa bunga, akan membutuhkan lebih banyak pupuk atau perubahan kompos, tetapi sebagian besar rumput tumbuh paling baik di tanah yang miskin nutrisi. Rotasi coco tahunan dapat menghasilkan tanah yang gembur dan merupakan kualitas tanah yang disukai oleh sebagian besar orang. tanaman kebun.

4. Ramah Lingkungan

Gambut yang menggantikan sabut kelapa sebagai kondisioner tanah membutuhkan waktu berabad-abad untuk tumbuh kembali setelah panen. Menggunakan briket arang ramah lingkungan.

Sabut kelapa untuk briket arang benar-benar ramah lingkungan karena merupakan produk sampingan alami dari pemanenan kelapa dan pohon kelapa. kelapa baru setiap tahun tahun Ini rusak di tempat pembuangan sampah ini, jadi menggunakannya untuk memperbaiki tanah kebun Anda lebih berkelanjutan.

Fungsi Sabut Kelapa

Sabut kelapa merupakan media tanam yang dapat digunakan sebagai pengganti rumput, tanah liat, gambut atau rockwool. Ketika dicampur dengan perlite, coco bekerja dengan baik sebagai media tanam untuk tanaman hidroponik. Selain itu, sabut juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gambut dan lumut gambut.

Sabut kelapa juga melindungi tanaman hortikultura atau rumah kaca intensif dari serangan siput. Menurut penelitian para ilmuwan University of Tennessee, meskipun sabut kelapa memiliki banyak manfaat bagi tanaman, sabut kelapa juga dapat menahan zat besi, magnesium, dan kalsium karena nilai tukar kationnya yang tinggi dan salinitas yang tinggi.

Nutrisi dan salinitas harus selalu diperhatikan untuk menjaga keseimbangan. Sabut tidak cocok untuk ditanam di tanah karena sebagian besar isinya akan hilang. Namun, coco dapat digunakan sebagai mulsa atau penutup tanah karena dapat membantu mempertahankan kelembaban dan mencegah pertumbuhan gulma.

About Lome

Check Also

Kegunaan Pelet Ikan Bagi Ikan yang Harus Anda Tahu

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Kegunaan Pelet Ikan Bagi Ikan yang Harus …