manfaat rumput fatimah

Manfaat Dari Rumput Fatimah Bagi Kesehatan

Beberapa saat yang lalu, pembahasan tentang mengkonsumsi rumput fatimah sempat heboh. Dikarenakan ada kasus ibu hamil yang mengalami keguguran setelah mengkonsumsi rumout fatimah dan membuat geger khalayak ramai.

Namun walau begitu, tak berarti rumput fatimah adalah tanaman yang beracun ataupun berbahaya. Rumput fatimah juga dapat berfmanfaat untuk menjaga kesehatan jika di konsumsi dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari rumput fatimah yang baik untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kesehatan Untuk Wanita

Berdasarkan dari uji in vitro yang di lakukan kepada tikus betina yang di lansir dari Drugs dan di publikasikan oleh Pakistan Journal of Nutrition, manfaat rumput fatimah sendiri yaitu adalah untuk menjaga bagian dinding aorta dari tikus betina tersebut.

Rumput fatimah sendiri mempunyai efek yang hampir sama dengan hormon esterogen, yaitu melindungi dan menjaga kesehatan dari pembuluh darah jantung.

Kemudian ketika di uju coba ke tikus dengan sindrom ovarium poilikistik, pemberian rumput fatimah dengan cara di minum bisa untuk meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar trigliserida, serta kadar kolesterol total.

2. Manfaat Rumput fatimah Untuk Menangkal Radikal Bebas

Kandungan di dalam rumput fatimah di percaya terdapat antioksidan yang tinggi. Antioksidan di ketahui bisa untuk melawan radikal bebas yang bisa membuat tubuh menjadi ridak mudah untuk terserang penyakit.

Akan tetapi menurut dr. Devia Irine Putri, penelitian tentang manfaat rumput fatimah ini masih terlalu terbatas yang menjadikannya butuh studi lebih lanjut untuk memastikan kebenaran manfaat ini pada rumput fatimah.

3. Mengurangi Resiko Osteoporosis Dan Menopause Pada Wanita

dr. Devia Irine juga mengatakan jika rumput fatimah memiliki kandungan zat fitoesterogen alami. Zat tersebut adalah zat yang bermanfaat untuk mengurangi resiko osteoporosis yang rentan di alami oleh wanita dan juga menopause.

Pada nantinya rumput fatimah ini akan dapat di gunakan sebagai alternatif terapi esterogen untuk mengatasi masalah penyakit osteoporosis.

4. Memberi Perlindungan Pada Kulit

Masih mengutip kembali dari drugs, ekstrak dari tanaman rumput fatimah ini di percaya bisa melindungi kulit kita dari pancaran radiasi sinar ultra violet. Tanaman rumput fatimah bekerja dengan cara melindungi fibroblas kulit dari kematian sel, meningkatkan produksi dari kolagen, dan juga mengurangi dari efek sitokin inflamasi.

Imbangi hal tersebut dengan menggunakan juga tabir surya atau pun sunscreen setiap hari agar perlindungan pada kulit tetap maksimal.

Namun walaupun paparan beberapa manfaat manfaat rumput fatimah di atas terlihat sangatlah menjanjikan, tetapi kandungan yang terdapat pada tanaman rumput fatimah untuk kesehatan masih perlu untuk di teliti lebih lanjut. Beberapa penelitian yang ada juga baru di uji coba terhadap hewan dan belum di uji coba terhadap manusia.

Oleh karena hal itu dr. Devia pun tak menganjurkan untuk mengkonsumsi tanaman rumput fatimah yanpa adanya pengawasan atau anjuran dari seorang dokter.

Kondisi Yang Tak Di Anjurkan Untuk Mengkonsumsi Tanaman Rumput Fatimah

Walau bisa bermanfaat bagi kesehatan, rumput fatimah tak boleh di konsumsi saat memiliki kondisi kesehatan tertentu, salah satunya yaitu saat sedang hamil.

Dr. Debia Irine mengatakan jika efek samping tanaman rumput fatimah bisa menyebabkan kontraksi pada rahim sehingga dapat memicu persalinan prematur dan meningkatkan resiko untuk keguguran pada ibu hamil. Penelitian tentang kandungan pada tanaman rumput fatimah pun masih sangatlah terbatas.

Apabila anda tetap ingin untuk mengkonsumsi rumput fatimah ini dr. Devia menyarankan menggunakan rumput fatimah yang sudah di olah menjadi suplemen dan sudah di jual bebas.

Pastikan juga suplemen yang di konsumsi sudah terdaftar di BPOM. Anda juga harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter tentang suplemen rumput fatimah yang akan anda konsumsi.

Kemungkinan besar dokter dapat membantu menentukan takaran yang sesuai tentang dosisnya.

Baca Juga: Mesin Pencacah Rumput Multifungsi

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …