Hari Baik Memotong Kuku dan Adabnya

Memotong kuku sangat dianjurkan baik dalam segi keislaman maupun dari segi kesehatan. Karena dengan memotong kuku dapat meminimalisir kuman yang dapat masuk ke dalam tubuh. Banyak kuman yang dapat menempel di sela-sela kuku. Sehingga kuku panjang dapat menjadi sarang penyakit.

Hari Baik Memotong Kuku

Dalam agama islam ada hari baik memotong kuku. Hari tersebut adalah hari Senin, Kamis dan Jum’at. Hari tersebut memang disunahkan untuk memotong kuku.

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

“Nabi Saw. biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat.”

Hendaknya menghindari hari Sabtu untuk memotong kuku,  "Memotong kuku hari Sabtu menimbulkan penyakit yang menggerogoti tubuh. Melakukan hal serupa pada hari Ahad menyebabkan hilangnya barokah," ucap Imam Qasim Al Ghazi.

Usahakan maksimal 40 hari memelihara kuku. Apabila kuku tidak panjang, maka akan terlihat bersih dan akan terhindar dari berbagai macam penyakit

Info penting :

Mau main togel online , tapi bingung angka jitu nya ? , Silahkan check disini Live Draw Toto Macau

Tata Cara Potong Kuku Menurut Islam
Dalam islam, segala aspek kehidupan sudah diatur, mulai dari bangun tidur sampai dengan menjelang tidur. Tidak terkecuali dengan memotong kuku. Umat muslim dianjurkan untuk mengikuti tata cara memotong kuku menurut islam. Berikut tata caranya:

Cara Memotong Kuku Bagian Tangan

Pertama adalah memotong pada bagian tangan terlebih dahulu. Pada bagian tangan mulailah memotong dari jari telunjuk tangan kanan Anda, kemudian jari tengah, jari manis dan kemudian jari kelingking tangan kanan Anda.

Setelah itu beralih ke tangan kiri Anda. Mulailah dengan memotong jari kelingking, kemudian jari manis, jari tengah dan juga jari telunjuk tangan kiri Anda.

Dan terakhir adalah memotong ibu jari tangan kiri Anda terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan memotong ibu jari tangan kanan.

Cara Memotong Kuku Bagian Kaki
Kedua adalah tata cara memotong kuku pada kaki Anda. Tata cara memotong pada kuku kaki berbeda dengan kuku yang ada ditangan. Dimulai dengan jari kelingking kaki kanan terlebih dahulu, kemudian jari manis, jari tengah, jari telunjuk dan yang terakhir adalah jampol kaki kanan.

Untuk selajutnya adalah jari kaki sebelah kiri. Diawali dengan memotong jempol kaki kiri, kemudian, jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan terakhir kelingkin kaki kiri.

Penyebab Kuku Rusak

Setelah Anda mengetahui tata cara memotong kuku, sekarang Anda juga harus mengetahui penyebab kuku manjadi rusak. Kuku rusak tentunya dapat menggangu aktivitas Anda. Selain kukunya terlihat buruk aktivitas yang Anda lakukan dapat terganggu.

About Lome

Check Also

Honeygain, Cara Menghasilkan Uang Passive Income

Passive Income atau penghasilan pasif merupakan penghasilan yang bisa dilakukan dengan tanpa perlu melakukan kegiatan-kegiatan …