Fakta Pallet Plastik yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Pallet Plastik yang Perlu Kamu Ketahui

Siapa yang tidak tahu dengan benda bernama Pallet? Salah satu barang yang sering digunakan pada industri logistik terutama di bagian pergudangan.

Pallet sendiri memiliki fungsi untuk menampung beban dengan kapasitas tertentu. Pada dasarnya, Pallet juga memiliki sejarah perkembangan yang dimulai dari Pallet berbahan kertas hingga Pallet berbahan plastik.

Mungkin kamu sudah tahu bahwa saat ini Pallet plastik lebih banyak digunakan daripada Pallet kayu. Tentu saja ada alasan di balik ditinggalnya Pallet kayu dan beralih ke Pallet berbahan dasar plastik.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan beberapa fakta mengenai Pallet berbahan plastik yang harus kamu ketahui.

Kelebihan Plastic Pallet

Berbicara tentang fakta, tentu kita tidak akan lepas dari yang namanya kelebihan dari Pallet berbahan plastik itu sendiri. Ada beberapa kelebihan dari Pallet yang menggunakan bahan dasar plastik dan membuat jenis tersebut banyak digunakan di industri logistik pergudangan. Berikut beberapa kelebihan Pallet plastik yang perlu kamu ketahui.

1. Lebih Mudah Dibersihkan

Fakta pertama adalah Pallet yang terbuat dari plastik terbukti lebih mudah untuk dibersihkan. Hal ini dikarenakan bahannya yang dianggap tidak mudah kotor, namun sekali kotor akan mudah untuk dibersihkan. Berbeda dengan sifat Pallet kayu yang cenderung sulit untuk dibersihkan ketika kotor.

2. Lebih Tahan Lama dan Tahan Cuaca

Selanjutnya, fakta yang kedua adalah Pallet dengan bahan plastik lebih tahan terhadap cuaca sehingga tidak akan mengalami yang namanya korosi atau pembusukan. Tahan lama dibandingkan dengan Pallet kayu, dimana seperti yang kita tahu bahwa kayu akan mudah berubah sesuai dengan kondisi cuaca.

3. Dapat Digunakan Kembali

Fakta yang ketiga dan juga menunjukkan kelebihan dari plastic pallet adalah bisa digunakan kembali. Namun, fakta yang satu ini memiliki pengecualian khusus dimana kata “dapat digunakan kembali” merujuk pada kondisi atau situasi tertentu.

4. Terbakar Hanya Pada Suhu yang Lebih Tinggi dari Kayu

Mungkin beberapa orang menganggap bahan plastik akan mudah terbakar. Namun, perlu diluruskan kembali, untuk Pallet yang berbahan dasar plastik hanya bisa terbakar pada suhu tertentu, yang pasti suhu tersebut lebih tinggi daripada suhu api yang bisa membakar kayu.

5. Tidak Memiliki Pengencang

Perlu kamu ketahui, bahwa Pallet biasanya memiliki pengencang seperti paku agar bisa terkait dengan sempurna. Namun, anggapan tersebut mungkin lebih cocok digunakan untuk Pallet berbahan dasar kayu. Karena Pallet plastik memang tidak memiliki pengencang, sehingga ketika mengangkat beban yang berat, tidak ada paku yang akan terlempar jika Pallet tidak kuat.

6. Lebih Ringan

Terakhir, fakta yang benar-benar merepresentasikan sifat Pallet plastik adalah lebih ringan dari Pallet kayu. Dengan sifatnya inilah, Pallet jenis plastik lebih efisien dan efektif untuk dibawa kemana saja.

Kekurangan Plastic Pallet

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun faktanya plastic pallet tetap memiliki beberapa kekurangan. Berikut kekurangan dari Pallet berbahan plastik yang juga penting untuk kamu ketahui.

1. Biaya Lebih Mahal

Tak dapat dipungkiri, walaupun Pallet berbahan plastik sudah banyak digunakan saat ini, tetapi masalah biaya menjadi kendala tersendiri. Biaya yang dibutuhkan untuk membeli plastic pallet ini mencapai 2 kali lipat dari harga Pallet kayu.

2. Mudah Rapuh dan Tidak Dapat Diperbaiki Jika Rusak

Selanjutnya, meskipun Pallet jenis ini memiliki sifat tahan lama, tetapi sifat lain yang menunjukkan bahwa Pallet berbahan plastik mudah rapuh juga tidak dapat dihindarkan. Selain itu, apabila mengalami kerusakan, maka tidak dapat diperbaiki lagi.

Demikian sederet informasi singkat tentang fakta plastic pallet yang perlu kamu ketahui. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa selain memiliki kelebihan, Pallet berbahan plastik juga memiliki kekurangan.

About Lome

Check Also

Harga Grating Galvanis Murah di Medan

Harga Grating Galvanis Murah di MedanInfo : Klik Harga Grating Galvanis Murah di Medan “ …