contoh kemasan keripik pisang

Contoh Kemasan Keripik Pisang yang Menarik dan Cara Membuatnya

Contoh kemasan keripik pisang memang sudah banyak di media, karena kemasan keripik pisang juga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk bisa menjangkau pasar yang luas.

Saat ini kemasan keripik pisang ada bukan hanya sekedar menjadi wadah atau tempat produk saja, melainkan juga menjadi bagian dari identitas produk keripik pisang itu sendiri. Dengan dibuat menarik maka produk keripik pisangmu akan dapat bersaing dengan kompetitif.

Berikut ini akan dibahas mengenai contoh kemasan keripik pisang yang menarik serta cara membuatnya. Silahkan disimak sampai habis ya!!!

Keripik Pisang

keripik pisang

Keripik pisang adalah cemilan berbahan dasar pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Untuk rasa biasanya keripik pisang memiliki rasa yang asin dengan aroma bawang yang gurih.

Pengemasan Keripik Pisang

Bagian akhir dari proses produksi keripik pisang adalah proses pengemasan. Bagian ini akan memegang peranan penting karena nantinya kemasanlah yang akan menghantarkan produk kepada konsumen.

Kemasan yang baik, cantik, dan menarik akan menjadi kunci utama yang membuat produk keripikmu cepat dilirik oleh calon konsumen. Beberapa faktor agar kemasan dapat menarik minat calon konsumen untuk membeli yaitu sebagai berikut :

  • Kemasan yang Unik
  • Beragam Varian
  • Desain Kemasan
  • Pencantuman Informasi
  • Keamanan dan Kerapian Kemasan

Pentingnya Kemasan Keripik Pisang

Kemasan dengan bahan apapun termasuk plastik seharusnya memiliki fungsi atau peranan utama seperti berikut ini :

  1. Menjaga keripik agar tetap bersih dan dapat melindungi dari kotoran atau kontaminasi lain.
  2. Melindungi keripik dari kerusakan fisik.
  3. Mempunyai fungsi yang baik, efisiensi dan ekonomis selama proses penempatan makanan ke dalam wadah kemasan.
  4. Mempunyai kemudahan dalam membuka atau menutup dan juga memudahkan dalam tahap pengangkutan, dan distribusi.
  5. Mempunyai ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai standar yang ada, mudah dibuang dan mudah dibentuk atau dicetak.
  6. Menampakkan identifikasi, informasi, dan penampilan yang jelas agar dapat meningkatkan promosi atau penjualan.

Dalam pengemasan kerioik, kemasan harus dapat memperhatankan kerenyahan keripik dalam waktu yang lama. Pemilihan bahan kemasan dapat mempengaruhi lama umur simpan suatu produk, yang mana hal tersebut juga akan berdampak pada meningkatnya biaya produksi dan harga jual.

Contoh Jenis Kemasan Keripik Pisang

contoh jenis kemasan keripik pisang

Ada banyak jenis kemasan yang dapat dijadikan sebagai kemasan keripik pisang dapat juga digunakan untuk mengemas kerupuk telur asin atau yang lainnya. Tapi umumnya yang biasa digunakan untuk mengemas produk keripik adalah sebagai berikut :

1. Aluminium Foil

Terbuat dari bahan aluminium foil dengan ketebalan 125 mikron, daya tahan terhadap pancaran sinar matahari dan kemampuannya dalam mencegah kontaminasi udara luar cukup bagus. Kemasan aluminium foil ini memiliki beragam variasi seperti zipper, valve, dan kombinasi dari keduanya.

2. Alufoil Window

Kemasan stand pouch ini memiliki jendela atau window yang dapat memperlihatkan produk yang ada didalamnya. Jenis kemasan ini banyak digunakan karena dapat melindungi produk sekaligus menarik perhatian konsumen dengan cara memperlihatkan isi produk didalamnya.

3. Alufoil Paper

Kemasan ini terbuat dari bahan aluminium foil di bagian dalam, dan bagian luar dilaminasi dengan art paper yang bisa diprint dengan desain brand produk sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Paper Craft

Sama seperti alufoil paper, bedanya dibagian luar kemasan berwarna krem. Paper craft ini juga mempunyai variasi lain yaitu paper craft window.

5. Standing Pouch Plastik

Kemasan plastik dengan bahan yang transparan ini akan memudahkan konsumen untuk melihat secara jelas isi produk keripik pisang yang kamu jual.

Cara Membuat Kemasan Keripik Pisang yang Menarik

cara mengemas keripik pisang

Seperti yang sama sama kita tahu, kemasan dizaman sekarang adalah hal yang pertama dilirik oleh calon konsumen. Oleh karena itu, disini saya akan bagikan cara membuat kemasan keripik pisang yang menarik. Berikut caranya :

1. Buat Desain Kemasan yang Inovatif dan Kreatif

Dalam kemasan hal yang akan langsung dilihat pertama kali oleh calon konsumen adalah desain dari kemasannya. Selain itu calon konsumen juga akan lebih tertarik pada kemasan yang dapat mempermudah konsumen saat akan membawa dan mengkonsumsinya, karena selain keaesthetic an saat ini konsumen juga lebih mengutamakan nilai kepraktisan.

Dalam membuat desain kamu perlu menggunakan mesin. Untuk pembeliannya bisa dilakukan di Rumah Mesin yang memang menyediakan berbagai macam mesin, seperti vacuum frying yang dapat juga digunakam untuk menggoreng produk keripik pisangmu dan mesin lainnya.

2. Pilihlah Warna Kemasan yang Cerah dan Menarik

Penggunaan warna yang menarik pada kemasan produk keripik akan membuat kemasan lebih menonjol dari sisi pewarnaan. Efek mengkilat yang dihasilkan warna kemasan tersebut juga dapat memberikan kesan mewah dan lebih bermutu pada kemasan produk keripik.

3. Berikan Informasi yang Singkat dan Jelas

Pencantuman informasi yang singkat dan jelas mengenai produk akan membuat calon konsumen lebih yakin untuk membeli produk keripikmu. Dengan informasi yang dicantumkan bisa berupa manfaat produk, data legalitas, dan data dari pemerintahan berwenang lainnya.

4. Tentukan Nilai dari Jenis Kemasan

Terkadang kemasan yang tampilannya dibuat mewah memiliki harga pembuatan yang tinggi sehingga itu akan memberatkan harga beli konsumen. Untuk itu, sebelum membuat kemasan produsen harus mempertimbangkan target konsumen yang akan dibidik.

Penutup

Itu tadi merupakan pembahasan mengenai contoh kemasan keripik pisang dan cara pembuatannya. Semoga dapat membantu kamu dalam pengemasan dan semoga bermanfaat ya! Salam pebisnis!!!

About Lome

Check Also

Harga Besi Teralis di Medan

Harga Besi Teralis di Medan</a><br><br>Info  : Klik <a href=https://cutt.us/dFwY7>Harga Besi Teralis {Terbaik|Termurah|Terpercaya|Murah|}  { di Medan| …