Cara Menyimpan Mie Ayam Basah Agar Awet

Hai readers dimanapun kamu berada. Readers udah ga asing lagi dong ya dengan salah satu menu mie ayam. Nah menu mie ayam saat ini sudah ada inovasi terbaru loh yaitu mie ayam frozen food. Nah akan tetapi kira-kira readers tau ga niih gimana cara menyimpan mie ayam agar awet? Akan kita bahas pada ulasan dibawah ini ya readers.

Nah cara menyimpan mie basah ini sedikit lebih sulit daripada mie kering ya readers. Tak heran bila terkadang mie basah langsung diolah sekaligus. Walaupun demikian, ada cara menyimpan mie basah yang bisa membuatnya menjadi lebih awet. Jadi, bila ada mie yang tersisa, bisa digunakan keesokan hari atau disimpan untuk stok di kemudian hari readers. Berikut ini adalah cara menyimpan mie basah supaya tidak lengket dan tahan lama. Bisa dicoba pada mi homemade buatan kamu nanti readers.

1. Penyimpanan Mie di Suhu Ruang

4 Cara Simpan Mi Basah Homemade, Taruh Freezer agar Awet Halaman all -  Kompas.com
cara menyimpan mie ayam agar awet

Nah untuk tips dan cara yang pertama agar mie ayam atau mie absah kamu bisa awet, yang pertama bisa kamu simpan di suhu ruangan, tetapi ketahanannya hanya satu hari saja ya readers. Untuk menyimpannya, masukkanlah mie pada wadah tertutup kemudian letakkan di meja dapur yang kering ya. Beberapa orang menambahkan potassium sorbonate untuk membuat mie agar bisa lebih awet. Sayangnya, bahan kimia ini bisa mengurangi cita rasa dan kesegaran dari mie milik kamu readers.

2. Simpan Dalam Wadah Kedap Udara

Jangan Asal Simpan, Ini 5 Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar Agar  Tahan Lama - Semua Halaman - Bobo
cara menyimpan mie ayam agar awet

Nah untuk tips yang kedua ini adalah bisa kamu simpan di dalam wadah yang kedap udara ya readers. Cara sederhananya, yakni dengan menyimpannya pada wadah kedap udara . Setelah itu, masukkan di kulkas supaya lebih awet.

Selama penyimpanan, pastikan juga wadah agar selalu tertutup rapat supaya tidak ada air yang menetes pada adonan mie nya nanti readers. Karena dari tetesan air ini bisa membuat tekstur mie menjadi lebih lembek dan lengket loh readers. Saat diolah, mie pun jadi lebih mudah untuk hancur readers.

3. Bungkus Dengan Plastik

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Freezer Halaman all -  Kompas.com
cara menyimpan mie ayam agar awet

Nah tips yang ketiga agar makanan atau mie basah kamu lebih awet dan tahan lama bisa kamu lakukan dengan membungkus nya dengan plastik readers. Nah mie basah pun bisa kamu simpan dengan cara dibungkus menggunakan plastik kering ya. Kemudian setelah itu bisa kamu masukkan ke lemari es agar lebih awet readers. 

Bila ingin lebih aman, masukkan mie basah ke dalam wadah yang kedap udara sebelum kamu simpan di kulkas. Metode ini bisa membuat mie jadi bertahan sampai sekitar tiga harian readers. Cukup menguntungkan bukan, jadi mie yang belum kamu makan tidak mubadzir.

4. Simpan di Freezer

Jangan Salah Kaprah, Begini Tips Menyimpan Makanan di Freezer : Okezone  Lifestyle
cara menyimpan mie ayam agar awet

Nah untuk yang ke empat, agar makanan atau mie basah kamu lebih awet dan tahan lama bisa kamu lakukan dengan menyimpan mie nya di freezer readers. Menyimpan mie basah di freezer ini bisa memperpanjang usia mie nya. Caranya adalah dengan kamu mengemas mie secara rapat-rapat sampai tak ada sisa ruang untuk udara, kemudian simpan di dalam freezer.

Pastikan bungkus mie nya ini benar-benar rapat ya readers, agar tekstur mie nantinya tidak kering. Mie yang disimpan di freezer dalam kondisi beku, bisa bertahan sekitar dua sampai tiga bulan loh readers, lumayan bukan. Dengan kegiatan ini juga kamu bisa menyimpan mie ayam agar lebih awet dan bisa untuk stok kamu di kemudian harii ya readers.

Baca Juga : Cara Membuat Mie Ayam Frozen Praktis

Nah itu tadi readers sedikit tips dan cara menyimpan mie ayam agar awet yang bisa kamu coba dirumah ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …