Cara Menyemai Benih Padi Modern

Cara Menyemai Benih Padi Modern

Cara Menyemai Benih Padi Modern Kali ini akan membahas tentang bagaimana cara menyemai benih benh padi agar cepat tumbuh dan bisa segera ditanam.

Sebelum kita bahas keiniti judul artikel ini, sedikit akan saya jelaskan tentang dasar menyemai benih padi dilakukan hanya untuk mendapatkan benih padi dilakukan hanya untuk mendapatkan benih pai gna ditanam pada lahan sawah maupun lahan kering.

selain dengan cara menyemai ada juga petani padi yang langsung menaburkan biji atau benih padi kesawah. Namun cara tersebut tidak efektif dan banyak permasalahannya.makanya jika anda ingin membudidayakan padi,sebaiknya anda melakukan semai padi untuk mendapatkan bibit yang baik dan hasil panen terbaik.

Cara menyemai benih pai padi ini cukup mudah dan tidak terlalu sulit,tapi bagi anda yang belum pernah tau bagaimana cara menyemai biji padi yang baik dan benar, bisa anda baca artikel ini sampai habis.

Cara Menyemai Benih Padi Modern

Berikut ini merupakan ha-hal yang kita dilakukan sebelum menyemai benih padi.

Persiapan Lahan 

Sebelum Cara Menyemai Benih Padi Modern maka sebaiknya kita siapkan lahan yang akan digunakan untuk menyemai.Jika didarat,maka kita harus menggemburkan tanah dulu dan buat bedengan yang lebarnya kira-kira 3 meter dan panjang nya tersera anda bisa 5-10 meter.

sebenarnya tidak ada patokan khusu untuk lebar dan panjang bedengan. begitu juga disawah maka kita harus membajaknya dan meratakan serta menghaluskan permukaan sawah baru kemudian disemaikan benihnya.

Persiapkan benih /biji padi

sebelum benih disemaikan sebaiknya benih padi direndam dalam air selama satu malam,setelah itu baru kita taburkan pada tempat yang sudah dipersiapkan, adapun pentingnya benih padi direndam sebelumnya adalah akan mempercepat atau merangsang pertumbuhan akar.

jadi dengan merendam benih padidalam air selama satu malam akan merangsang kecambah akar ,jika anti benih sudah ditaburkan pada lahan persemaian akan cepat tumbuh.

cara merendam benih padi sebelum penyemaian cukup mudah,bisa kita masukan benih padi dalam goni atau karung .kemudian kita masukkan dlam air.Sebagai saran saja dalam perendaman benih kita tambahkan fungisida dan zpt supaya daat mencegah penyakit dan juga mempercepat pertumbuhan akar pada benih padi.

Perawatan Benih

Setelah benih Disemaikan ,langkah selanjutnya adalah merawatnya dengan baik dan benar .beri pupuk agar pertumbuhan benih cepat tumbuh.

setelah benih berumur 2 minngu maka benih padi siap untuk ditanam dan tergantung pada varietas padi yang akan ditanam. Semoga Bermanfaat.

Adapun tempat persemaian padi sebaiknya dalam satu hamparan luas agar mudah pemeliharaannya. Selain itu persemaian padi harus terkena sinar matahari langsung tetapi tidak dekat dengan sinar lampu yang dapat mengundang serangan pada malam hari.

Tehnik penyemaian dilakukan dengan cara penaburan dilahan persemaian. Kelebihannya kalau yang tehnik penaburan lebih hemat benih dan tumbuh secara merata atau lebih gampang dalam cara penanaman.

Keuntungan menerapkan teknologi sistem persemaian seperti itu tidak perlu melakukan pengolahan tanah dan daut (pencabutan), hemat lahan dan air, sesuai untuk lahan garapan yang sempit (<1000 m2), pemeliharaan mudah dan efisien, serta biaya lebih murah dibandingkan teknologi persemaian padi sawah secara konvensional atau persemaian basah.

Setelah dilapisi kertas koran pada kotak plastik, selanjutnya masukkan tanah/media tanam ke dalamnya. Media tanam yang digunakan berupa tanah gembur yang kaya unsur hara.

Setelah media tanam disiapkan, benih disebarkan secara merata dan ditutup lagi dengan media tanam yang sama setebal ±1cm, kemudian disiram air sampai menetes melalui keempat lubang tersebut. Pada umur 7 hari setelah semai, bibit padi sudah muncul (vigor). Penyiraman dilakukan 2 hari sekali sampai umur 7—12 hari.

Pada umur 13—15 hari disiram setiap hari pada sore hari. Bibit padi siap ditanam di sawah pada umur 15 hari. Untuk persemaian padi dalam jumlah besar, diperlukan rumah bibit yang dilengkapi rak-rak yang disusun secara bertingkat.

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …