Cara Menggoreng Kacang Mete Agar Mendapatkan Tekstur Renyah

Cara Menggoreng Kacang Mete Agar Mendapatkan Tekstur Renyah – Kacang mete merupakan salah satu jenis kacang yang menjadi favorit banyak orang. Tak heran, dengan rasanya yang gurih dan renyah memang akan menghangatkan suasana saat berkumpul bersama keluarga.

Kacang mete ini bisa diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Keduanya sama-sama enak, tergantung dengan selera masing-masing. Jika kamu tidak memiliki oven, kamu bisa mengolah kacang mete dengan teknik menggoreng. Meski tidak menggunakan oven, tidak akan mengurangi cita rasa khas kacang mete.

Meski begitu, saat menggoreng kacang mete kamu tetap harus berhati-hati. Jika menggoreng dengan teknik yang tidak benar, kacang mete akan mudah gosong, rasanya pahit, serta jauh dari tekstur renyah. Selain cara menggoreng kacang mete, kamu juga bisa mengetahui cara menggoreng bawang putih supaya renyah yang juga tak kalah enak.

Berbagai Manfaat Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Kacang mete mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Kacang mete juga mengandung vitamin K, vitamin E, folat, dan vitamin B, kalsium, natrium, kalium, magnesium, fosfor, zinc,serta zat besi.

Berbagai manfaat kacang mete yang bisa kamu rasakan, di antaranya:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit stroke dan jantung.

Kacang mete diyakini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Semua itu dapat terjadi dikarenakan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang terkandung pada kacang mete.

2. Mencegah kurang darah (anemia)

Kandungan zat besi dan tembaga pada kacang mete dapat mengoptimalkan kinerja tubuh dalam memproduksi dan menggunakan sel darah merah.

Selain mencegah anemia, kacang mete ini juga akan membuat kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, saraf, serta pembuluh darah menjadi lebih baik.

3. Sumber energi yang baik

Tak berbeda dengan kacang-kacangan lainnya, kacang mete juga kaya akan kalori dan lemak baik. Dalam 30 gram kacang mete, mengandung sekitar 150 kalori dan 12 gram lemak. Dua nutrisi ini merupakan sumber energi untuk tubuh.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kacang mete mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam 100 gram kacang mete mengandung sekitar 37 mg kalsium. Hal ini menjadikan kacang mete sebagai salah satu camilan yang dianjurkan dikonsumsi untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

5. Memelihara kesehatan mata

Mata dari kerusakan yang dapat menyebabkan kebutaan. Bahkan, mengonsumsi kacang mete juga dipercaya dapat menurunkan risiko mengidap katarak.

Cara Menggoreng Kacang Mete Agar Bertekstur Renyah

Ada beberapa cara agar kalian mendapatkan tekstur yang enak dan renyah pada saat menggoreng kacang mete. Berikut adalah rangkuman bagaimana cara menggoreng kacang mete agar bertekstur renyah.

  1. Rendam dengan air hangat dan garam.

Pertama-tama rendam kacang mete menggunakan air yang telah dicampur dengan garam sebanyak satu sendok makan, setelah itu diamkan kacang mete yang direndam tadi selama kurang lebih 5 menit. Tujuan dari merendam kacang mete menggunakan campuran air dan garam berguna untuk menghilangkan getah-getah yang menempel pada kacang tersebut. Itu dilakukan agar kacang mete yang kalian makan tidak berasa pahit.

2. Bumbui kacang mete.

Setelah proses perendaman selesai, kemudian kacang mete akan masuk ke dalam proses pembubuan. Untuk bumbu yang akan digunakan biasanya akan cukup sederhana, hanya menggunakan bawang putih, garam, dan lada yang sudah dihaluskan.

3. Goreng dengan minyak yang panas.

Kemudian setelah semua kacang terbumbui, goreng kacang menggunakan minyak panas. Goreng selama kurang lebih 5 menit menggunakan api kecil agar tidak mudah gosong.

4. Tiriskan dan dinginkan kacang mete.

Setelah matang tiriskan kacang mete menggunakan mesin peniris minyak agar kacang mete tidak berminyak. Kemudian diamkan kacang mete sebentar.

5. Simpan di wadah tertutup.

Jika kacang mete yang tadi digoreng sudah bersuhu dingin baru lah kacang mete dapat dimasukan ke dalam wadah tertutup atau dapat dikemas. Gunakannya wadah atau kemasan yang tertutup rata agar kacang tidak mudah untuk lembek.

About Lome

Check Also

Kegunaan Pelet Ikan Bagi Ikan yang Harus Anda Tahu

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Kegunaan Pelet Ikan Bagi Ikan yang Harus …