mendaur ulang sampah sekali pakai

Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik Sekali Pakai yang Mudah

Mendaur ulang sampah sekali pakai yang dianggap sepele oleh banyak orang. Siapa sangka bahwa plastik masih bisa diolah menjadi barang yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Jika kamu memiliki limbah plastik yang sudah tidak terpakai seperti kantong belanja atau botol, sebaiknya jangan dibuang dahulu. 

Cara Mendaur Ulang Sampah Sekali Pakai

 Berikut ini adalah cara kreatif yang bisa kamu terapkan untuk mendaur ulang sampah plastik sekali pakai

1. Mengubah Hobi Botol Plastik Menjadi Berkebun

Kamu pasti bertanya-tanya apa hubungan botol plastik dan berkebun. Jadi, begini caranya. Kumpulkan beberapa botol plastik, isi dengan tanah dan bibit tanaman yang Anda sukai. Letakkan botol-botol tersebut di lahan kosong atau halaman rumah kamu. Botol plastik juga bisa dijadikan bahan alternatif sebagai pengganti pot bunga. Ciptakan perkebunan sendiri sesuai selera kamu. Jangan lupa untuk selalu rutin menyiram tanamannya agar tetap tumbuh subur.

2. Berkreasi Dengan Kantong Plastik

Kantong belanja yang terbuat dari plastik sekali pakai tidak dapat didaur ulang. Tapi, Anda  bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kreativitas Anda. Misalnya dengan mengumpulkan potongan-potongan kantong plastik kemudian menjahitnya dengan benang, merenda, memilin dan mengubahnya menjadi tas jinjing yang bisa Anda gunakan untuk berpergian. Bisa juga dibentuk menjadi sebuah dompet unik, jadi tidak perlu lagi membeli tas atau dompet baru.

3. Mempercantik Dekorasi Rumah

Kumpulkan botol-botol plastik yang tidak terpakai. Anda bisa menyulapnya menjadi hiasan gantung. Gunting botol sesuai dengan Anda inginkan, beri hiasan manik-manik, hiasan porselen, atau kaca, untuk mempercantik dinding rumah. Sambungkan hiasan dengan tali benang. Anda juga bisa mendekorasi kamar si kecil dengan hiasan berbentuk rumah boneka mini yang terbuat dari botol plastik. Selamat mencoba di rumah.

4. Ubah Tutup Botol Menjadi Magnet Kulkas

Bahan yang terbuat dari logam umumnya digunakan untuk kerajinan, tetapi tak ada salahnya memilih tutup botol plastik. Terutama karena tutup botol adalah salah satu jenis sampah plastik yang paling sering ditemukan. Agar tidak terbuang sia-sia, gunakan tutup botol plastik sebagai pengganti hiasan magnet kulkas. Caranya, potong dengan gunting atau cutter sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan, kemudian beri lem pada magnet. Jika Anda memiliki anak-anak yang sedang belajar membaca, bisa dibentuk menyerupai huruf abjad agar mereka mudah menghafal huruf-huruf nya.

5. Dekorasi Peralatan Dapur

Untuk membuat hidangan yang manis di hari raya, tentu memerlukan dekorasi peralatan dapur yang cantik. Salah satunya adalah membuat Candy Stand dari botol plastik. Anda tidak memerlukan wadah makanan mahal untuk menyajikan camilan di rumah. Cara membuatnya, siapkan piringan hitam yang sudah di cat terlebih dahulu dengan warna favorit Anda. Gunting botol plastik menyerupai wadah piring, lalu tempelkan dengan lem. Terakhir, susun botol sesuai keinginan Anda. Supaya terlihat lebih cantik, Anda bisa menambahkan hiasan manik-manik, glitter, atau spidol. Wadah untuk camilan siap digunakan.

6. Pot Untuk Kebun Vertikal

Seiring dengan semakin sempitnya lahan hunian di kota, banyak orang yang menyiasatinya dengan membuka kebun vertikal yang sederhana. Cara ini memang terbukti ampuh karena bercocok tanam tak perlu lagi di lahan tanah yang luas namun cukup dalam pot-pot gantung di dinding.

Pot kebun vertikal hasil dari kerajinan botol plastik ini bisa menghemat biaya sambil mengoptimalkan barang-barang di sekitar. Hanya dengan botol bekas seperti ini, kamu sudah bisa membuat pot yang memadai untuk bertanam di kebun vertikalmu.

7. Tempat Pakan Hewan

Ide daur ulang sampah plastik yang cukup praktis berikutnya ini dijamin sangat berguna, terutama bagi pecinta hewan. Misalnya, kamu di rumah memelihari anjing, kucing, ataupun hewan lain. Atau kamu memiliki hobi untuk memberi makan hewan di jalan, ini bisa jadi solusi!

Botol plastik bekas bisa diubah menjadi tempat pakan yang sangat mudah dibuat dan praktis. Caranya yaitu kamu hanya perlu membersihkan botol dan mengeringkannya, kamu dapat menambahkan sticker untuk memudahkan kamu agar pakan hewan tidak tertukar.

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …