Cara Menangani Limbah Rumah Tangga

Cara Menangani Limbah Rumah Tangga yang Aman bagi Lingkungan

Bagaimana sih cara menangani limbah rumah tangga yang aman bagi lingkungan?.Nah,maka dari itu perhatikan baik-baik cara menangani limbah rumah tangga berikut.sebelum ke caranya simak baik-baik pengertian limbah rumah tangga di bawah ini yaa.

Pengertian Limbah Rumah Tangga

Cara Menangani Limbah Rumah Tangga

Air Limbah Domestik (domestik) adalah limbah cair yang dikeluarkan dari tempat tinggal (rumah tinggal), bangunan komersial, perkantoran dan fasilitas sejenis. Contoh limbah rumah tangga adalah air bersih, air sabun, dan air feses.

Peningkatan aktivitas manusia di dalam rumah menyebabkan peningkatan jumlah limbah cair. Sumber limbah cair rumah tangga adalah organik, khususnya dari sisa makanan dan deterjen yang mengandung fosfor. Efluen dapat meningkatkan kadar BOD (Biochemical Oxygen Demand) dan pH air, yang dapat menyebabkan pencemaran yang banyak merugikan manusia dan lingkungan.

Macam-macam Limbah Rumah Tangga

Macam-macam limbah rumah tangga berdasarkan asalnya dibedakan menjadi dua macam, yakni:

1.Limbah organik

Jenis sampah ini terdiri dari bahan organik. Limbah ini memiliki sifat kimia yang stabil sehingga zat ini mengendap di tanah, aliran sungai, danau dan laut dan selanjutnya akan mempengaruhi organisme yang hidup di dalamnya.

Biasanya banyak sampah organik yang dihasilkan dari sisa hasil kegiatan domestik dan industri. Sampah organik dapat dengan mudah terurai melalui proses alami, misalnya dari pestisida, serta pengomposan yang berlebihan.

2.Limbah anorganik

Sampah anorganik berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat didegradasi dan tidak dapat diregenerasi. Air limbah industri dapat mengandung berbagai jenis zat anorganik, seperti:

  • Garam anorganik berupa magnesium sulfat dan magnesium klorida yang berasal dari kegiatan pertambangan dan industri.
  • Asam anorganik seperti asam sulfat yang berasal dari industri pengolahan bijih dan bahan bakar fosil.
  • Ada juga sampah anorganik dari kegiatan rumah tangga seperti botol plastik, botol, kantong plastik, kaleng dan aluminium.

Limbah Rumah Tangga Berdasarkan Bentuknya

1.Limbah Padat

Limbah padat biasanya memiliki ciri-ciri bentuk padatnya. Banyak juga yang mengatakan bahwa sampah padat biasa disebut dengan litter.

Sampah sendiri merupakan hasil sisa kegiatan sehari-hari dari aktivitas manusia. Biasanya berupa benda sisa, plastik, kaleng, botol, dll.

2.Limbah Cair

Efluen tentu saja memiliki sifat fisik cair. Biasanya berupa air limbah rumah tangga seperti air sabun dan air limbah industri yang mengandung zat berbahaya.

3.Limbah Gas dan Partikel

Jenis sampah ini memiliki bentuk fisik berupa gas atau partikel halus (debu). Contoh: gas buang kendaraan (dari knalpot), knalpot pembakaran industri.

Cara Menangani Limbah Rumah Tangga

1.Cara Menangani Limbah Rumah Tangga-Kurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai

Kantong plastik masih menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar di Indonesia. Banyak keluarga menggunakan kantong plastik untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Kantong plastik sekali pakai akan berubah menjadi sampah yang sulit terurai.

Para pemerhati lingkungan harus mulai mengurangi atau menghilangkan kantong plastik sekali pakai. Ada banyak alternatif pengganti kantong plastik, seperti tas belanja untuk belanja yang lebih ramah lingkungan.

2.Cara Menangani Limbah Rumah Tangga-Kurangi penggunaan deterjen

Deterjen merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang menghasilkan limbah cair berupa busa sabun. Limbah deterjen merupakan penyebab pencemaran air yang sering dijumpai di pemukiman penduduk. Kualitas air tanah juga akan menurun dan tidak layak untuk dikonsumsi. Penggunaan deterjen mungkin tidak dapat dihindari, tetapi bahan pokok dapat membatasi penggunaannya agar dapat ikut melestarikan lingkungan.

3.Cara Menangani Limbah Rumah Tangga-Daur ulang barang bekas

Ada berbagai jenis sampah dari rumah, tetapi ada juga banyak cara untuk menangani sampah jika Pins ingin berkreasi. Barang-barang yang tidak terpakai dan dibuang juga dianggap sebagai salah satu limbah rumah tangga yang berbahaya bagi lingkungan.

Barang bekas tidak boleh dibuang langsung ke tempat pembuangan akhir. Pin dapat menangani barang-barang yang tidak terpakai ini, seperti kursi daur ulang, meja daur ulang, tas daur ulang, dll.

4.Hindari menggunakan alat makan sekali pakai

Salah satu cara untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah rumah tangga adalah dengan menghindari penggunaan alat makan sekali pakai. Peralatan makan seperti piring, sendok, dan sedotan plastik merupakan peralatan sekali pakai sebaiknya diganti dengan alternatif lainnya.

5.Mengubah sampah organik menjadi kompos

Setiap hari pasti ada sampah organik yang dihasilkan oleh rumah tangga. Limbah ini mungkin bersifat biodegradable. Namun jika mereka banyak dan berbohong dalam waktu yang lama, pasti akan sangat menyebalkan.

Sampah organik biasanya menghasilkan bau yang tidak sedap. Selain itu, sampah organik juga dapat menarik lalat yang dapat menyebabkan penyakit. Jadi lebih baik mengolah sampah organik dengan baik, seperti pengolahan dan pengomposan.

Baca Juga: Cara Penanganan Limbah Plastik yang Baik dan Benar

Nah,itu tadi cara menanggani limbah rumah tangga yang dapat anda lakukan agar limbah rumah tangga tidak mencemari lingkungan dan dapat lebih bermanfaat bagi anda dan juga bagi lingkungan sekitar.semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar.

About Lome

Check Also

Memanfaatkan Media Sosial untuk Branding Bisnis Saat Pandemi

Selama enam bulan terakhir, pandemi virus corona sudah merubah pola kehidupan masyarakat di bermacam bidang, …