Cara membuat permen karet sendiri

Mudah Loh! Cara Membuat Permen Karet Sendiri

Cara membuat permen karet sendiri dan beberapa pembahasan tentang permen karet.

Mengenal Permen Karet

Cara membuat permen karet sendiri

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas yaitu dapat dibuat untuk mengembangkan gelembung. Warnanya beraneka ragam dan memiliki rasa tertentu. Biasanya permen karet bersifat lengket dan pada saat gelembung terkembang hingga batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah.

Hal itu terjadi karena permen karet lebih kental daripada permen kunyah manapun. Namun terdapat pula merk permen karet seperti Hubba Bubba yang bersifat tidak lengket dan cenderung disukai anak-anak. Permen karet biasa dicampur di mesin permen karet. Permen karet dapat ditemukan di toko-toko.

Untuk menggelembungkan bola dengan permen karet, seseorang dapat meratakan gusi ke palatum (langit-langit mulut) dan kemudian menekannya ke belakang gigi. Kemudian dorong ke luar sedikit dengan lidah kemudian digelembungkan. Bila langkah tersebut dilakukan dengan benar, maka akan terbentuk gelembung yang menarik.

Manfaat Permen Karet

Cara membuat permen karet sendiri

1. Meningkatkan fungsi otak

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung, aliran darah, dan pengiriman oksigen ke otak. Hal ini memberikan beberapa manfaat bagi tubuh Anda, seperti meningkatkan kewaspadaan, pengambilan keputusan, dan daya ingat.

Sayangnya, ini hanya berfungsi saat Anda mengunyah permen karet dan tidak bekerja dalam waktu yang panjang. Alasannya, saat Anda mengunyah permen karet rongga mulut akan melakukan gerakan menggigit secara berulang-ulang sehingga dapat memperlancar aliran darah. Kondisi inilah yang membawa asupan oksigen ke otak dan membantu Anda lebih berkonsentrasi.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lainnya dari mengunyah permen karet adalah dapat menurunkan berat badan. Terkadang permen karet dapat menekan nafsu makan Anda. Setelah mengunyah permen karet di pagi hari, seseorang cenderung merasa lapar.

Rasa manis dan rendah kalori yang terdapat dalam permen karet membantu Anda mengurangi konsumsi camilan. Selain itu, mengunyah permen karet juga meningkatkan pengeluaran energi dan memompa metabolisme Anda.

3. Mencegah infeksi telinga

Infeksi telinga muncul ketika bakteri berkumpul di saluran yang menguhubungkan hidung dengan telinga. Mengunyah permen karet yang mengandung pemanis alami dapat membantu mencegah bakteri yang berada di dalam sana.

4. Mengurangi napas tak sedap

Mengunyah permen karet dapat menghilangkan halitosis atau bau napas tak sedap yang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan jenis permen karet yang akan dikonsumsi. Pasalnya, ada beberapa jenis permen karet yang justru menyebabkan munculnya bau napas yang tak sedap.

5. Membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula dapat mencegah gigi berlubang.

Mengunyah permen karet bebas gula sekitar 20 menit secara rutin setelah habis makan dapat membantu produksi air liur atau saliva. Selain itu, permen karet juga dapat menyingkirkan bakteri pada gigi.

Jangan lupa untuk baca juga artikel tentang cara membuat minuman permen karet ya.

Cara Membuat Permen Karet Sendiri

Bahan Bahan :

  • 1/3 cangkir gum base
  • 3/4 cangkir gula bubuk
  • 3 sendok makan sirup jagung
  • 1 sendok teh gliserin
  • 1/2 sendok teh asam sitrat
  • 5 tetes perasa

Cara Membuat Permen Karet :

  1. Panaskan bahan baku. 
  2. Buatlah gula bubuk dengan baik. Sisihkan sekitar satu sendok teh gula bubuk dan taburkan agar menumpuk di talenan atau permukaan yang bersih. Gunakan jarimu untuk membentuk sebuah lekukan pada tumpukan gula bubuk yang ada.
  3. Tuangkan gum base ke dalam gula bubuk. Dengan hati-hati tuangkan gum base yang telah meleleh dari double boiler ke gula bubuk. Hati-hati agar tidak ada air masuk ke dalam campuran permen karet.
  4. Buatlah adonan permen karet. Taburi jarimu dengan gula bubuk dan mulai menguleni campuran permen karet dan gula bubuk bersamaan. Kerjakan dengan mencampurkan gula bubuk ke gum base sampai menjadi lengket, kemudian tambahkan gula bubuk dan tetap menguleni. Uleni sekitar 15 menit, sampai adonan lembut dan liat dan tidak lagi lengket.
  5. Gulunglah adonan. Taruh adonan di hadapanmu, dan taruh telapak tanganmu di atas adonan. Gulung adonan menggunakan tanganmu sehingga adonan menjadi panjang, dan tipis. Cobalah untuk menggulung adonan sehingga adonan mempunyai lebar sepanjang tali. Gunakan sebuah pisau untuk memotong tali menjadi bagian kecil.
  6. Selesaikan pembuatan permen karet. Taburi potongan permen karet dengan gula bubuk untuk menjaga permen karet agar tidak menempel satu dengan yang lainnya. Buatlah pembungkus kecil permen karet dengan memotong kertas roti, kemudian bungkus potongan permen karet.

Gimana? Tertarik? Anda bisa menerapkan cara ini sendiri dirumah loh. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan Permen Karet Anda.

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …