Cara Membuat Macchiato Coffe

Cara Membuat Macchiato Coffe

Cara Membuat Macchiato Coffe, pada artikel kali ini, saya akan memberitahu kamu tentang  Cara Membuat Macchiato Coffe yang bisa di nikmati oleh siapapun dengan rasa yang begitu benar-benar lezat dan enak, praktis mudah dan yang pastinya sungguh sangat enak dan cocok di mulut.

Macchiato adalah minuman campuran espresso dan susu. Ada 2 jenis macchiato, latte macchiato dan caffé macchiato. Komposisi dari latte macchiato adalah susu yang di-steam, espresso, dan foam dengan rasio 2:1:1. Caffé atau kopi macchiato adalah minuman berukuran kecil campuran espresso dan foam susu pada permukaannya.

Macchiato dalam bahasa Italia artinya “tanda,” maksudnya adalah minuman yang sudah diberi tanda atau terdapat bercak. Pada versi latte, bercak yang dimaksud adalah espresso, sementara pada versi caffé, yang berarti “kopi,” bercak tersebut adalah foam susu.

Cara Membuat Macchiato Coffe

1. Macchiato Coffe

Cara Membuat Macchiato Coffe

Komposisi dari latte macchiato adalah susu yang di-steam, espresso, dan foam. Ukuran rasio ideal antara susu, espresso, dan foam adalah 2:1:1. Langkah pertama dalam membuat minuman ini adalah memasukkan susu yang sudah di steam ke dalam gelas yang tinggi, lalu masukkan espresso, dan akhiri dengan foam di atasnya. Beberapa cafe memiliki variasi menu dengan menambahkan karamel pada foam-nya.

Berikut bahan dan cara membuat macchiato….

Bahan-Bahan :

Macchiato Biasa

  • 18 g biji kopi
  • 60 ml air
  • 30 ml susu

1 porsi

Es Macchiato

  • ¼ gelas (59 ml) espreso
  • 1 gelas (235 ml) susu dingin
  • 2 sdt. (10 ml) pemanis atau sirop
  • 5 buah es batu

Tips Dan Cara Membuat Macchiato Coffe :

  • Giling biji kopi. Macchiato dibuat dengan espreso, dan setiap standar double shot akan membutuhkan 18 – 21 g biji kopi, tergantung sekuat apa shot yang Anda inginkan. Timbang biji kopi dan masukkan ke penggiling. Giling biji kopi sampai halus.
  • Biji kopi yang sudah digiling dengan lembut akan berukuran sekecil garam halus. Ukuran ini ideal untuk membuat espreso.
  • Kalau tidak memiliki penggiling, Anda juga bisa membeli bubuk kopi espreso dari toko kebutuhan sehari-hari atau kedai kopi. 2 Isilah portafilter dengan bubuk kopi. Pada mesin espreso profesional atau rumahan, keluarkan portafilter dari group head. Isilah portafilter yang bersih dengan bubuk kopi baru. Ketuk-ketuk portafilter ke tangan Anda untuk menyebarkan bubuk kopi, kemudian tekan untuk memadatkannya.
  • Kalau Anda tidak memiliki mesin espreso profesional atau rumahan, gunakan pembuat espreso stovetop. Tuangkan bubuk kopi ke dalam keranjang dalam dan sebarkan sampai merata dengan jari.
  • Gunakan kopi hitam sebagai pengganti espreso kalau Anda tidak mempunyai alat untuk membuat espreso.
  • 3Buat shot espreso. Kembalikan portafilter ke tempatnya di dalam group head dan putar untuk menguncinya. Letakkan cangkir demitasse di bawah portafilter dan nyalakan air untuk membuat shot.
  • Biarkan air menyala selama sekitar 30 detik untuk benar-benar mengekstrak shot. Aduk espreso untuk menyebarkan crema, yaitu busa yang akan ditaruh di atas kopi.
  • Pada pembuat espreso stovetop, isilah reservoir dengan air hingga garis pengisian maksimum. Masukkan filter ke dalam reservoir dan kencangkan bagian atas. Panaskan espreso dengan api sedang sampai gelembungnya masuk ke dalam reservoir atas. Tuangkan espreso ke dalam gelas demitasse.
  • 4Kukus susu. Tuangkan susu dingin ke dalam wadah logam tinggi. Pegang wadah susu dengan kemiringan 45° ke steam wand. Masukkan steam wand ke dalam susu dan nyalakan uapnya. Uapi susu sampai volumenya bertambah dan wadahnya panas saat disentuh. Sisihkan wadah dan bersihkan steam wand dengan lap basah.
  • Suhu ideal untuk susu kukus adalah 60 °C.
  • 5Tuangkan susu dan sajikan selagi panas. Setelah susu siap, tuangkan ke dalam espreso. Gunakan sendok untuk mengambil segumpal busa dari bagian atas. Sajikan macchiato segera. Anda bisa menambahkan gula, menghias atasnya dengan kayu manis, atau minum macchiato seperti apa adanya sekarang.

Kalian pasti sudah tahu bukan dengan minuman yang sangat nikmat ini, minuman yang memiliki cita rasa yang sangat khas dengan kopi kualitas terbaik dan juga teknik pengolahanya yang mudah.

Nah itu tadi tips, bahan, dan cara membuat macchiato coffe dari kopi yang wajib kalian coba dirumah ya, Sebenarnya sih masih banyak tips dan cara lain yang bisa kalian pelajari dan search diberbagai Media.

kalian wajib membuatnya karena bahan-bahan yang digunakan mudah dicari ditoko-toko yang biasa kalian kunjungi seperti mall dan lain-lain.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Es coffee mate yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Mungkin pada artikel kali ini cukup segitu yang dapat saya share, jika ada kata atau penulisan huruf saya minta maaf. Semoga sehat selalu, sukses truss, selamat mencoba dan sampai jumpa kembali.

saya akhiri, Assalamualaikum wr. wb …..

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …