Cara Membuat Keripik Tahu Crispy

Cara Membuat Keripik Tahu Crispy

Saat sedang santai, kurang afdol rasanya kalau nggak sambil nyemil. Daripada repot dan pusing mau camilan apa, bikin saja keripik tahu di rumah. Bebas mau pakai beragam tahu jenis, kuning, putih, pong, bulat, atau lainnya.

Setelah jadi, bisa langsung kamu santap bareng keluarga. Sajikan selagi hangat agar kriuknya super, pas buat camilan sembari ngobrol dan nonton TV. Tambahkan berbagai bumbu sesuai selera terlebih dahulu juga menarik, nih. Mau pakai bumbu pedas, keju, balado, barbeque, maupun lainnya.

Untuk membuat Keripik Tahu, sangat mudah. Cara membuat Keripik Tahu pun tidak sulit, dengan 7 langkah mudah, bisa dipastikan anda bisa membuat Keripik Tahu yang enak dan lezat. Cukup ikuti bahan dan langkah-langkah yang sudah kami berikan, seluruh resep sudah teruji dengan baik.

Resep keripik tahu sangat simpel. Bahkan ada yang cuma butuh tiga bahan saja, lho. Saking mudahnya, cara membuat keripik ini cocok buat para pemula. Jadi jangan takut gagal atau merasa kamu nggak mahir memasak, ya. Yuk, langsung bikin keripik tahu ala rumahan.

Selain itu, mudahnya dalam mengolah keripik tahu crisppy memang membuat semua orang tertarik berlomba-lomba ingin terjun langsung dalam makanan ringan satu ini. Mudahnya pengolahan serta bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari membuat semua orang ingin mencoba menjalani usaha keripik tahu crispy.

Mungkin, diantara kalian ada yang ingin mencoba membuat olahan keripik tahu crispy sendiri dirumah atau dijadikan sebagai peluang usaha, Anda bisa mencoba membuatnya dengan melihat resep yang kami suguhkan kepada Anda di bawah ini :

Cara Membuat Keripik Tahu Crispy

Cara Membuat Keripik Tahu Crispy

Bahan:

  1. Siapkan 250 g tahu pong berbentuk kotak, pakai kulitnya saja
  2. Siapkan 5 sendok makan tepung meizena, siap saji
  3. Siapkan air putih bersih secukupnya saja
  4. Siapkan minyak goreng untuk menggoreng
  5. Siapkan 5 siung bawang putih, kupas kulitnya
  6. Siapkan 5 butir bawang merah, kupas kulitnya
  7. Siapkan garam halus secukupnya
  8. Siapkan 1 sendok makan gula pasir putih
  9. Siapkan 1 sendok makan penyedap rasa

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena atau tapioka, garam, kaldu jamur, baking powder, bubuk ketumbar, bawang putih dan bubuk kari
  2. Masukkan air kaldu. Aduk rata hingga membentuk adonan yang cair
  3. Masukkan potongan tahu ke dalam adonan selama 15 menit
  4. Panaskan minyak dengan api besar, goreng tahu hingga mengembang. Kemudian, tuang sebagian adonan, goreng dengan api kecil hingga mengering
  5. Lakukan hingga tahu dan adonan habis
  6. Tahu crispy rempah siap disajikan

Baca Juga; cara membuat keripik tahu bulat

Manfaat tahu:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan isoflavone di dalam tahu memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah. Tak hanya itu, kandungan serat dalam tahu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Oleh karena itu, seseorang yang secara rutin mengonsumsi tahu dan membatasi konsumsi daging memiliki risiko hipertensi dan penyakit jantung yang lebih rendah.

2. Menurunkan risiko kanker payudara

Fitoestrogen sebagai penyebab kanker payudara seringkali dikaitkan karena kandungan ini disebut mirip dengan hormon estrogen pada wanita. Meski demikian, efek kandungan ini tidak selalu sama dengan estrogen. Dilansir dari NutritionFacts.org, fitoestrogen pada kacang kedelai dan produknya justru memiliki efek antiestrogenik pada jaringan tubuh sehingga dapat menurunkan risiko kanker payudara.

3. Mengurangi risiko kanker prostat

Tidak hanya kanker payudara, mengonsumsi tahu secara rutin juga dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat. Sama seperti kanker payudara, manfaat ini dapat Anda peroleh karena kandungan fitoestrogen (isoflavone) dalam tahu. Namun, tak hanya itu, kandungan selenium pada tahu juga memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel penyebab kanker prostat.

4. Menurunkan risiko kanker saluran pencernaan

Kandungan isoflavone juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker di saluran pencernaan, seperti kanker lambung dan kanker kolorektal. Salah satunya buktinya yaitu penelitian tahun 2016 pada European journal of nutrition. Berdasarkan studi tersebut, asupan kedelai dan produknya yang lebih tinggi terkait dengan penurunan risiko kanker sistem pencernaan sebesar 7 persen.

5. Mencegah obesitas

Tahu merupakan makanan dengan kadar kalori yang rendah. Oleh karena itu, jenis makanan ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Selain itu, tahu juga terbukti cukup mengenyangkan, sehingga mengonsumsi makanan ini dapat membantu mencegah makan secara berlebihan. Adapun hal tersebut dapat membantu mencegah obesitas dan masalah terkait berat badan lainnya.

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …