Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa yang Ramah Lingkungan!

Sudah diketahui banyak orang bahwa tanaman kelapa memiliki banyak manfaat. Seluruh bagian tanaman bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satunya yaitu bagian sabut kelapa. Sabut kelapa yang sudah kering bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan. Salah satunya adalah dengan dibuat kerajinan pot. Yuk simak artikel berikut tentang cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa!

Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa

Berikut cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa yang mudah dilakukan, tidak membutuhkan banyak alat dan bahan, serta ramah lingkungan.

A. Alat

  1. Pisau
  2. Gunting
  3. Pisau besar
  4. Bor

B. Bahan 

  1. Sabut kelapa yang sudah kering
  2. Tali ijuk

C. Cara Pembuatan

  1. Ambillah sabut kelapa dari kulitan kelapa yang sudah kering, gunakan linggis untuk menguliti kelapa supaya kupasan sabut tetap terjalin. Umumnya di desa-desa kulit kelapa ini sudah dikuliti sedemikian rupa sehingga kupasan sabut kelapa masih terjalin.
  2. Lalu lembarkan sabut kelapa dan potonglah bagian atasnya dengan menggunakan pisau besar.
  3. Tandai bagian bawah dan atas pada setiap belahan dengan menggunakan tipe ex atau spidol, bagian ini akan dibor untuk mengikat belahan sabut kelapa sekaligus untuk tali ikatan pot.
  4. Borlah secara hati-hati pada bagian yang sudah diberi tanda.
  5. Talikan ijuk pada setiap lubang sabut kelapa sehingga setiap belahan sabut bisa menyatu.
  6. Setelah ikatan dalam terbentuk lalu silanglah ikatan pada bagian luar, lakukan hal serupa pada seluruh belahan sabut kelapa. Maka akan terbentuklah satu ikatan kuat dan membentuk kulit kelapa yang terpancung pada bagian atas .
  7. Pot sabut kelapa sudah siap digunakan untuk menanam tanaman anggrek atau pakis.

Selain bisa dibuat kerajinan pot, sabut kelapa ternyata juga bisa dibuat cocomesh. Cocomesh yaitu material berbentuk jaring yang dibuat dari sabut kelapa, sangat ramah lingkungan dalam membantu proses reklamasi suatu tambang, pantai, atau hutan. Anda bisa mencoba untuk membuat cocomesh lalu jual cocomesh.

Cocomesh juga mempunyai banyak manfaat antara lain sebagai media penghijauan di lahan bekas tambang, memperkuat material di atas tebing, bahan mencegah erosi, memperkuat tanah, membantu memperkuat rel kereta api, memperkuat tebing jalan atau jembatan. Dengan anda bisa membuat cocomesh lalu jual cocomesh. Anda akan mendapatkan keuntungan dan tentunya juga memberikan manfaat juga.

Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman

tumpukan sabut kelapa yang kering - Fotografi - Xiaomi Community - Xiaomi

1. Menjadi Media Tanam

Umumnya, sabut kelapa sering digunakan sebagai media tanam alternatif pada budidaya berbagai jenis tanaman, terlebih lagi untuk hidroponik.

Bahan utama media tanam ini terbuat dari sekam atau tempurung buah kelapa yang diolah lalu dihaluskan hingga menjadi butiran-butiran seperti serbuk kayu. Tentunya, media tanam ini sangat baik untuk tanaman karena bisa mempertahankan kelembapan dan membuat tanaman menjadi tidak mudah layu.

2. Menetralkan Kadar pH pada Tanaman

Ternyata, sabut kelapa juga bisa menetralkan kadar pH dan menyimpan unsur hara yang diberikan oleh pemilik tanaman.

Maka, tidak heran jika sabut kelapa ini sangat bagus dipakai untuk anda yang gemar mengoleksi tanaman di rumah.

3. Menyuburkan Tanaman dalam Pot

Menurut ilmuwan dari University of Tennessee, meski memiliki banyak manfaat untuk tanaman, sabut kelapa juga bisa mengunci zat besi, magnesium, dan kalsium karena nilai tukar kationnya dan garam yang tinggi. Kadar nutrisi dan garam harus tetap diperhatikan supaya keseimbangan tetap terjaga.

Dengan begitu, sabut kelapa dinilai tidak cocok apabila digunakan untuk penanaman pada tanah karena sebagian besar kandungannya akan hilang. Akan tetapi, sabut kelapa bisa dijadikan sebagai penutup tanah karena akan bantu mempertahankan kelembapan dan menekan pertumbuhan gulma.

4. Meningkatkan Drainase Tanah pada Tanaman

Selanjutnya, manfaat sabut kelapa lainnya yaitu bisa meningkatkan drainase tanah pada tumbuhan sekaligus membantu mempertahankan kelembapan ditanah yang cepat kering. Mengingat sabut mudah terurai secara perlahan, maka sabut bisa membentuk kantong udara di dalam tanah yang memungkinkan kelembapan berlebih mengalir dari akar tanaman.

Nantinya, sabut akan menahan kelembapan sehingga drainase tidak terjadi terlalu cepat dan tanah tidak cepat mengering sepenuhnya. Sifat drainase dan retensi ganda ini akan membuat sabut meningkatkan kelembapan di kedua tanah liat yang berat dan tempat tidur berpasir yang kering.

5. Meningkatkan Kualitas Tanah

Manfaat sabut kelapa yang terakhir yaitu mampu meningkatkan kualitas tanah. Hal tersebut terjadi karena sabut kelapa mengandung sedikit unsur hara sehingga tidak menambah mutu unsur hara tanah. Sabut kelapa juga akan bekerja untuk meningkatkan kualitas tanah secara keseluruhan dari waktu ke waktu karena menambahkan bahan organik yang sangat dibutuhkan.

Perubahan sabut tahunan akan menghasilkan tanah gembur yang merupakan kualitas tanah yang disukai untuk sebagian besar tanaman kebun. Pemupukan lebih lanjut atau perubahan kompos juga diperlukan untuk tanaman yang banyak makan seperti sayuran dan beberapa bunga, tetapi kebanyakan herba mengembangkan rasa terbaiknya di tanah dengan nutrisi rendah.

Nah, itulah cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa dan manfaat sabut kelapa untuk tanaman. Semoga artikel ini bermanfaat!

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …