Cara membuat jus buah sirsak

Cara buat jus sirsak/Jus sirsak yang dingin begitu menyegarkan untuk diminum saat cuaca panas. Rasanya asam manis menyegarkan. Buah ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk imunitas tubuh, lho.

Sirsak merupakan salah satu jenis buah yang memiliki daging berwarna putih. Buah tersebut berasal dari Amerika Tengah dan cukup populer di Indonesia. Buah sirsak kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Saking populernya, sirsak mudah dijumpai dengan berbagai jenis olahan makanan dan minuman, termasuk jus sirsak. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan membuat jus sirsak karena memiliki banyak biji sehingga sedikit repot memisahkan daging dengan bijinya.

Cara membuat jus sirsak

Bahan :

  • Daging buah sirsak (secukupnya)
  • Kental Manis (sesuai selera)
  • Air Matang
  • Susu cair
  • Selasih
  • Nata de coco
  • Es batu

Cara Membuat :

Cara membuat es sirsak susu

  1. Siapkan teko, lalu masukkan daging buah sirsak, kental manis, tambahan beberapa sendok selasih, dan tambahkan air dan susu cair.
  2. Kemudian, aduk-aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Untuk menambah topping, bisa tambahkan nata de coco. Kamu juga bisa mencoba topping lainnya seperti kelapa atau jelly. Dan jangan lupakan masukkan es batu agar makin segar.
  4. Es sirsak susu pun jadi dan siap disajikan saat buka puasa nanti.

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Buah sirsak memiliki kulit berwarna hijau, cukup tebal, dan berduri. Sedangkan isi atau daging buah sirsak memiliki rasa khas, sedikit asam, kenyal, dan berwarna putih. Pada bagian dalam daging sirsak, Anda akan menemukan biji sirsak berwarna hitam. Sirsak tumbuh subur di daerah tropis. Cara mengonsumsinya, bisa langsung dimakan, dibuat jus, hingga tambahan minuman. Adapun tekstur daging buah sirsak cenderung lembut dan berair.

Kandungan Buah Sirsak Buah sirsak memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Nama latin sirsak adalah annona muricata, dan masih keluarga annonaceae atau apel custard. Kandungan dalam sirsak salah satunya vitamin C, berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan patogen.

Manfaat buah sirsak lainnya untuk kecantikan, yaitu melindungi kulit dan sel dari radikal bebas. Mengutip dari Webmd.com, satu buah sirsak mengandung 215% kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan. Kandungan dalam Satu Buah Sirsak Antara Lain: Kalori: 413 Protein: 6 gram Lemak: 2 gram Karbohidrat: 105 gram Serat: 21 gram Gula: 85 gram Vitamin B1 Vitamin B2 Vitamin B3 Vitamin C Folat Kalsium Besi Potassium Magnesium Fosfor Zink Tembaga.

Manfaat jus sirsak bagi kesehatan

Sirsak adalah buah yang rendah kalori, namun cukup tinggi akan serat dan vitamin C, sehingga cocok Anda jadikan salah satu menu dalam diet Anda.Selain itu, sirsak juga mengandung karbohidrat, kalium, magnesium, thiamine, dan niacin, riboflavin, folate, serta zat besi.Dalam 1 cangkir, kalori jus sirsak sebesar 148 kkal, ini pun jika Anda mengambil sarinya saja tanpa tambahan bahan apa pun,Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, berikut manfaat jus sirsak bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan:

1. Mencegah kanker

Jus sirsak mengandung zat antioksidan, seperti tanin, saponin, fitosterol, flavonoid, dan antraquinone, yang dapat menangkal radikal bebas sehingga sel-sel di tubuh Anda tetap sehat.Radikal bebas sendiri sering dikaitkan sebagai penyebab munculnya berbagai penyakit di tubuh Anda, termasuk sel kanker.

Penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak sirsak dapat melawan beberapa tipe kanker, seperti kanker payudara dan kanker pankreas.Meski demikian, para ahli menyarankan Anda tidak menjadikan jus sirsak, ekstrak, maupun suplemen yang mengandung sirsak sebagai satu-satunya obat kanker yang Anda konsumsi karena sirsak saja tidak mampu menghancurkan sel tumor yang menjadi penyebab kanker itu sendiri.

2. Meredakan peradangan

Jus sirsak disebut memiliki sifat antiperadangan yang dapat meringankan nyeri yang Anda rasakan.Berdasarkan percobaan awal, konsumsi jus sirsak terbukti dapat menghalangi saraf merasakan sakit ketika Anda mengalami peradangan tertentu pada tubuh.

3. Menurunkan kadar gula darah

Bagi Anda yang menderita diabetes, manfaat jus sirsak yang satu ini adalah kabar baik. Studi menunjukkan bahwa konsumsi jus sirsak secara rutin dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah secara signifikan, sekalipun Anda makan atau minum lebih sedikit dari biasanya.

4. Menstabilkan tekanan darah

Jika Anda pernah mendengar salah satu manfaat jus sirsak untuk menurunkan tekanan darah tinggi, hal itu mungkin ada benarnya.Pasalnya, sebuah penelitian terbitan Pharmaceutical Biology yang dilakukan pada hewan di tahun 2012 memang menunjukkan bahwa konsumsi sirsak dapat menurunkan tekanan darah tanpa membuat denyut jantung terganggu.Ketika tekanan darah Anda normal, maka kesehatan jantung akan lebih terjamin.

About Lome

Check Also

Cara Pembibitan Cengkeh

Cara Pembibitan Cengkeh yang Benar dan Mudah Dilakukan!

Bibit yang akan ditanam pastinya yang menentukan berhasil atau gagalnya suatu tanaman. Bibit yang baik …