cara cuci karpet masjid

Cara Cuci Karpet Masjid Agar Selalu Wangi dan Suci Dipakai Sholat

Masjid menjadi tempat Ibadah umat muslim. Oleh karenanya kesucian dari tempat ini selalu dijaga oleh marbot ataupun masyarakat sekitar. Dalam masjid sendiri biasanya juga terdapat karpet bercorak sajadah untuk menyediakan orang-orang yang hendak beribadah namun tak membawa sajadah. Hanya saja banyak yang bingung cara cuci karpet masjid yang benar.

Pasalnya karpet ini sangat luas dan tebal, jadi membutuhkan cara mencuci karpet masjid khusus agar hasilnya wangi, bersih, dan suci untuk sholat. Jika Anda saat ini bingung karena hendak mencuci karpet masjid, berikut adalah penjelasan yang bisa dicontoh.

baca juga: cuci sofa bekasi

4 Langkah Dalam Cara Cuci Karpet Masjid

1. Gunakan Vacuum Cleaner

Seperti yang Anda tahu karpet masjid memiliki corak yang mirip dengan sajadah. Maka dari itu terdapat serat-serat yang karpet yang tentunya menjadi sarang kotoran dan debu. Untuk itu gunakan cara cuci karpet masjid yang paling efektif yakni membersihkannya dengan vacuum cleaner.

Debu-debu yang menempel pada karpet harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dicuci dengan air. Jika memang ingin lebih simpel Anda juga bisa menggunakan mesin penyedot debu untuk menghisap partikel-partikel debu yang menempel.

2. Gantung Karpet di Tempat Jemuran Khusus

Setelah menyelesaikan langkah pertama cara membersihkan karpet masjid yang berikutnya adalah gantung karpet tersebut di tempat jemuran khusus. Biasanya tempat ini cukup tinggi sehingga akan memudahkan Anda ketika mencuci karpet.

baca juga: cuci springbed bekasi

3. Semprot Karpet Menggunakan Air Bertekanan Tinggi

Agar proses pencucian karpet semakin mudah Anda harus menggunakan selang yang mampu menghasilkan volume air besar agar volume bertekanan tinggi. Jangan gunakan gayung karena itu tidak akan bisa membersihkan karpet secara sempurna. Pastikan pula untuk menyemprotkan karpet secara menyeluruh.

4. Cuci Dengan Sabun Khusus dan Gosok Permukaannya Dengan Sikat

Cara cuci karpet masjid yang terakhir adalah cuci dengan sabun khusus dan gosok permukaan karpet dengan sikat gigi halus. Jangan pakai detergen pakaian biasa karena bisa merusak serat karpet. Pilih yang tidak berefek panas agar kualitas karpet tetap terjaga.

About Lome