Cara Buat POC Kulit Pisang Yang Gampang dan Sederhana

Pupuk organik sedang ramai digunakan saat ini, salah satunya yaitu pupuk organik cair dari kulit pisang. Kamu bisa membuat sendiri pupuk ini di rumah. Cara buat POC dari kulit pisang ini sangat gampang dengan menggunakan peralatan yang sederhana.

Kulit pisang ini sangat cepat proses pembusukannya, bahkan hanya dengan menanamnya di tanah kamu sudah bisa mendapatkan manfaatnya untuk tanamanmu. Dengan membuat POC dari kulit pisang ini, kamu sudah mengurangi limbah kulit pisang.

Cara buat POC dari kulit pisang sangatlah gampang, apalagi bahannya sangat mudah ditemukan dan hanya menggunakan alat yang sederhana saja. Berikut ini untuk langkah-langkah pembuatan POC kulit pisang :

Cara Pembuatan

pupuk organik cair kulit pisang 1

Dalam pembuatan POC kulit pisang ini ada 2 cara yaitu cara membuat poc kulit pisang tanpa em4 dan cara membuat poc kulit pisang dengan em4. Kamu bisa menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan yang kamu punya ya.

Cara Buat POC Kulit Pisang Tanpa EM4

Jika kamu memilih langkah yang tanpa menggunakan em4, berikut ini adalah bahan dan cara membuatnya :

Bahan :

1. Kulit pisang secukupnya

2. Gula pasir secukupnya

3. Air bersih

4. Botol bekas minuman

Cara Membuat :

1. Langkah pertama, bersihkan botol bekas yang akan kamu gunakan dari sisa air, apalagi botol yang akan kamu gunakan adalah botol bekas minuman teh atau soda.

2. Haluskan kulit pisang dengan blender, untuk mempermudah langkah ini kamu bisa menggunakan mesin pencacah sampah organik.

Tapi jika kamu tidak punya blender kamu bisa mencincangnya secara manual menjadi bagian kecil-kecil agar mudah ketika dimasukkan dalam botol.

3. Masukkanlah gula pasir ke botol yang sudah kamu siapkan. Kalau volume botol milikmu 250 ml maka tambahkan 1 sendok gula pasir, kalau volume botol 1500 ml, maka kamu bisa menambahkan 2 sendok gula pasir.

4. Larutkan gula pasir dalam botol tersebut menggunakan air bersih.

5. Masukkan kulit pisang yang sudah kamu hancurkan tadi ke dalam larutan gula pasir yang ada dalam botol.

6. Tambahkan air bersih lagi sampai mencapai batas leher botol.

7. Tutup botol ini dengan rapat kira-kira 7-10 hari lamanya.

8. Usahakan kamu membuka tutup botol ini setiap hari, agar gas yang ada didalamnya bisa keluar.

Cara buat poc dari kulit pisang tanpa menggunakan em4 sudah selesai, dan poc kulit pisang sudah jadi dan siap diaplikasikan ke tanaman kamu.

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menyiram poc kulit pisang ini langsung pada media tanam, hindari menyemprot langsung di bagian tanaman misalnya bagian batang dan daun.

Cara Buat POC Kulit Pisang Dengan EM4

Pada cara ini hanya perlu menggunakan larutan em4, berikut ini adalah bahan dan cara pembuatannya :

Bahan :

1. Kulit Pisang sebanyak 10 kg

2. Larutan em4

3. Air bersih 10 L

4. Wadah/tempat penyimpanan

Cara Pembuatan :

1. Pertama, siapkan kulit sebanyak 10 kg lalu kemudian olah dengan air sebanyak 10 L.

2. Langkah selanjutnya haluskan kulit pisang menggunakan blender hingga menjadi bentuk cair, lalu masukkanlah ke dalam wadah penyimpanan yang sudah berisi air bersih.

3. Tambahkan larutan em4 pada campuran kulit pisang dan air yang sudah diaduk rata, fungsi penambahan larutan em4 adalah meningkatkan nutrisi / gizi pada pupuk.

4. Tutuplah tempat penyimpanan serapat mungkin, lalu diamkan selama 3-4 hari agar proses fermentasi berjalan baik.

Cara pembuatan POC kulit pisang dengan em4 telah selesai dan pupuk organik cair kulit pisang siap digunakan. Sebelum digunakan pupuk ini harus diencerkan dahulu yaitu dengan mencampurkan 1 L poc dan 5 L air.

Demikian cara membuat poc dari kulit pisang, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba membuatnya di rumah.

About Lome

Check Also

Kegunaan Pelet Ikan Bagi Ikan yang Harus Anda Tahu

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Kegunaan Pelet Ikan Bagi Ikan yang Harus …