Aplikasi Cek BPOM, Solusi Tepat Untuk Konsumen Cerdas

Anda sekarang dapat mengunduh aplikasi Cek BPOM di gadget Anda. Menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda memeriksa BPOM pada produk. Di era perdagangan bebas ini, Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar tentunya menjadi target pasar yang sangat potensial.

Hal ini disebabkan semakin banyaknya produk obat dan makanan yang diproduksi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia, kita harus pintar-pintar dalam memilih makanan atau obat-obatan yang dijual bebas.

Tentang Aplikasi Cek BPOM
Cek BPOM adalah aplikasi Android. Aplikasi ini menampilkan data produk yang diperbolehkan untuk diperdagangkan di Indonesia. Berbagai produk yang diperbolehkan untuk diperdagangkan telah melalui proses evaluasi oleh Pre-Market.

Sebelum membeli suatu produk, masyarakat harus melakukan Click Check, yaitu memeriksa kemasan, label, izin edar dan tanggal kadaluarsa produk.

Selain itu, orang kini dapat memanfaatkan aplikasi pengecekan makanan yang dapat Anda unduh melalui layanan Play Store menggunakan ponsel Android Anda.

Aplikasi tersebut bernama Cek BPOM dan BPOM Mobile. Pemeriksaan BPOM berguna untuk membantu konsumen mengidentifikasi produk untuk memastikan keaslian izin edar, baik asli maupun fiktif. Konsumen hanya memasukkan nama produk atau nomor registrasi.

Untuk aplikasi BPOM Mobile menggunakan barcode dan bekerja sama dengan produsen masing-masing produk. Produsen memasang barcode pada kemasannya, sehingga orang bisa mengeceknya secara langsung. Namun, selama ini tidak semua produk menggunakan barcode, sehingga tidak semua produk dapat diverifikasi menggunakan aplikasi BPOM Mobile.

Pentingnya Pemeriksaan Produk BPOM
Saat ini masyarakat harus menjadi konsumen yang cerdas, yaitu dengan mengecek produk BPOM secara mandiri secara online. Hal ini bertujuan untuk melindungi konsumen dari bahan kimia berbahaya dalam suatu produk makanan atau kosmetik.

Dengan aplikasi Cek BPOM, konsumen sangat mudah mengetahui apakah suatu produk aman dikonsumsi atau digunakan untuk tubuh. Apalagi sekarang ini banyak sekali kosmetik atau makanan yang mengandung zat berbahaya di pasaran.

Syaratnya sangat mudah, konsumen hanya perlu memasukkan nomor registrasi nama produk, merek dan nama pendaftar. Dengan demikian, konsumen dapat mengetahui apakah produk tersebut sudah terdaftar resmi atau belum di website resmi BPOM.

Dengan mengecek produk BPOM secara online, masyarakat dapat mencocokkan nomor dari BPOM yang tertera pada produk yang dikemas melalui smartphone. BPOM memiliki tugas dan fungsi sesuai Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Pengawasan Obat dan Makanan.

BPOM berhak memberikan label resmi pada semua jenis obat, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan, dan berbagai jenis produk pangan olahan. Oleh karena itu, konsumen perlu memiliki pemahaman yang baik tentang cara pengecekan produk atau prosedur BPOM secara online.

Cara menggunakan Cek BPOM
Untuk dapat mengakses daftar produk yang ditarik oleh BPOM, Anda harus mengunduh aplikasi. Metodenya adalah:

Unduh dan instal aplikasi BPOM di layanan Google Play Store
Kemudian buka aplikasi dan pergi ke sana
Di halaman utama, klik tombol “Semua Produk”. Anda kemudian dapat memilih produk terdaftar dan membatalkan produk umum dan peringatan
Langkah selanjutnya, klik “Nomor Registrasi”, disini anda dapat memilih kata kunci pencarian menggunakan nomor registrasi, nomor produk, nama dagang dan juga nama produsen atau importir.
Kemudian klik “Search for product”, maka data produk yang Anda maksud akan muncul secara lengkap
Saat menggunakan Periksa BPOM, pastikan perangkat yang Anda gunakan terhubung ke internet yang stabil. Cara termudah untuk menghasilkan nomor BPOM untuk suatu produk adalah dengan memeriksa merek atau nama produk.

Jika nomor BPOM sudah tertera pada kemasan produk, maka konsumen hanya perlu mencocokkan kebenaran informasi produk. Karena ada juga beberapa produk BPOM palsu yang masih beredar di pasaran.

Dengan adanya Cek BPOM, bisa menjadi hack terbaik untuk memudahkan pelaku retail memberikan edukasi. Selain itu, juga memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam melakukan verifikasi keabsahan dan keaslian label dan izin produk. Sehingga konsumen lebih aman dalam menggunakan produk yang bersangkutan.

About Lome

Check Also

Honeygain, Cara Menghasilkan Uang Passive Income

Passive Income atau penghasilan pasif merupakan penghasilan yang bisa dilakukan dengan tanpa perlu melakukan kegiatan-kegiatan …